Cara Stabilkan Jaringan Internet

Cara Stabilkan Jaringan Internet Telkomsel di Android

Cara Stabilkan Jaringan Internet Telkomsel di Android – Di Indonesia ada banyak sekali jenis operator seluler yang dapat kita gunakan dengan berbagai penawaran paket menarik. Bahkan, menariknya besaran harga paket internet yang ditawarkan ini sangat bervariasi. Mulai dari paket internet seharga Rp. 5.000,- sampai dengan harga mahal hingga ratusan ribu.

Dari sederet operator seluler yang ada di Indonesia, Telkomsel memang tak lepas dari perhatian banyak pengguna jaringan internet. Selain kecepatan sinyalnya internet yang mendukung provider jaringan seluler satu ini pun sudah terkenal cukup lama beroperasi di Indonesia.

Cara Stabilkan Jaringan Internet Telkomsel di Android

Meski Telkomsel sangat terkenal dengan jaringan yang stabil dan mendukung, namun tak jarang akses internet ini mengalami penurunan karena beberapa faktor penyebab seperti kondisi trafik, cuaca kurang kondusif, jaringan bahkan gadget yang digunakan.

Kendati demikian, pada kesempatan yang baik ini, saya akan memberikan sedikit Cara Stabilkan Jaringan Internet Telkomsel di Android yang sekiranya dapat membantu masalah jaringan yang tengah kalian hadapi.

1. Setting Jaringan, dari 3G ke 4G LTE

Untuk mensetting jaringan internet telkomsel dari 3G ke 4G LTE, Anda bisa lakukan beberapa cara dibawah ini:

● Pilih opsi pengaturan
● Lanjutkan ke pengaturan Kartu SIM
● Jika sudah, silahkan Anda lanjut ke pengaturan Jaringan SIM
● Lalu, perbaiki jaringan yang sebelumnya 3G dan rubah ke 4G LTE only

2. Gunakan Aplikasi Penghemat Koneksi Internet

Bagi Anda yang membutuhkan akses internet lebih baik, guna kebutuhan browsing dan chatting ada baiknya jika menggunakan aplikasi tambahan untuk menghemat jaringan. Hemat jaringan disini diartikan sebagai aplikasi versi lite, contohnya facebook lite, line lite dan lain sebagianya. Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat menggunakan browser dengan dukungan fitur compress gambar, tujuannya supaya browsing dapat lebih optimal.

👉 Baca Juga :  Cara Mengatasi WhatsApp yang Tak Bisa dibuka

3. Bijak Menggunakan Jaringan di Jam Sepi

Pada saat jam-jam tertentu biasanya setiap provider internet akan mengalami penurunan, tanpa terkecuali Telkomsel. Saat memasuki jam sibuk, biasanya jaringan telkomsel akan sulit mengakses internet dengan stabil, sekiranya di antara jam 1 siang hingga 11 malam. Kalau Anda ingin melakukan pengunduhan aplikasi atau lain sebagainya, sebaiknya lakukan di jam kosong, antara jam 12 malam hingga pukul 6 pagi. Hal ini disebabkan karena kondisi internet sedang stabil.

4. Setting APN

Meski belum terbukti pasti kalau mengatur APN bisa mempercepat koneksi atau tidak. Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Berikut dibawah ini cara-caranya:

● Pertama masuk terlebih dahulu ke Settingan ponsel
● Silahkan klik opsi Pengaturan Kartu SIM
● Lanjut ke jaringan seluler kartu SIM
● Silahkan klik APN nya
● Kemudian edit atau buat baru APN nya

Contoh:

Kolom Isi
APN Internet
Username –
Pasword –

Jadi, itulah sekiranya pembahasan diatas semoga membantu Anda semua dan Terimakasih.