Jadwal Pencairan dana Bansos PKH, BPNT dan BST

Daftar Bantuan Dana Sosial KEMENSOS yang Akan Segera Dicairkan, Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Daftar Bantuan Dana Sosial KEMENSOS – Dalam upaya pemberian bantuan social dan meningkatkan sumber daya manusianya, sepertinya pemerintah akan melakukan perencanaan pendanaan yang besar-besaran untuk kedepannya.

Tak dipungkiri, sudah sejak lama pemerintah melalui kementerian sosialnya membagikan berbagai bantuan social (Bansos) guna membantu keluarga yang ada di indonesia.

Pada rekam jejaknya, pemerintah sudah menyiapkan anggaran yang fantastis untuk program bantuan social, dan dijadwalkan akan dicairkan pada tahun 2022.

Mengingat 3 tahun terakhir ini adalah tahun-tahun yang berat bagi masyarakat Indonesia dimana wabah corona melanda seluruh dunia khususnya di Indonesia, semua aktivitas ekonomi terganggu dan terhambat dengan adanya wabah ini.

Sehingga pemerintah segera melakukan tindakan demi menyelamatkan kesejahteraan rakyatnya melalui bantuan yang dalam hal ini Kementrian Sosial sebagai Pelaksananya.

Daftar Bantuan Sosial Yang Akan Dicairkan Pada Tahun 2022

Kali ini anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp. 74.8 Triliun Rupiah untuk pendistribusian Bnatuan dana social yang dianggarkan oleh Kementrian Sosial.

Menurut Tri Rismaharini sebagai menteri social yang berstatement “Bantuan Sosial akan tetap akan kami salurkan dalam kondisi apapun, Pandemi tidak akan menghalangi atau sebagai alasan bagi kami untuk mempending penyaluran dana untuk masyarakat yang membutuhkan”.

Bantuan social ini akan terus berkelanjutan dan tidak ada alasan bagi kami untuk menghentikannya, dengan anggaran yang besar, “Tutur Menteri Sosial”.

Jenis Bansos yang diselenggarakan oleh KEMENSOS ini berupa dua macam.

Bansos dengan jenis Reguler dan Bansos dengan jenis Khusus. Tentunya setiap jenisnya mempunyai targetnya sendiri-sendiri.

Bansos jenis Reguler ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam menaggulangani kemiskinan yang ada sehingga dalam pelaksanaannya Bansos ini bisa mempercepat dalam mengatasi atau mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

👉 Baca Juga :  Cara Mudah Membuat NIB Online di OSS  Untuk UMKM 

Dan sudah jelas Bansos dengan jenis ini diperuntukan untuk mereka yang berstatus miskin. Dan yang termasuk dalam Bansos model jenis ini adalah PKH dan BPNT keduanya ini terus diusahakan unutk tetap berjalan walau dengan keadaan pandemic.

Sehingga nantinya dengan adanya Bansos yang dicairkan entah itu PKH atau BNPT ini bisa mengurangi angka kemiskinan dan tentunya dengan harapan kualitas Sumber Daya Manusianya bisa Meningkat.

Untuk mengecek daftar nama penerima dan jadwal pencairan dana bantuan social ini bisa melalui website resmi KEMENSOS cekbansos.kemensos.go.id.

Sedangkan Bansos dengan jenis Khusus ini berbeda dengan yang Reguler, dimana pada pelaksanaannya Basnos dengan jenis ini dicairkan atau dikeluarkan dengan rentan waktu yang darurat, dalam artian pencairan dana Bansos

Jenis ini dilakukan ketika ada momentum yang mendukung atau peristiwa yang notabenya darurat, seperti halnya pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah ketika angka penularan covid ini terus bertambah.

Mengingat kembali, dengan adanya pandemic dan pembatasan social yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang ini merasakan kesulitan di setiap aspek, khusunya pada sisi financial atau ekonominya.

Maka dengan adanya Bantuan Secara Tunai ini bisa  meringankan beban keluarga masyarakat Indonesia yang terdampak pandemic covid 19. Bantuan jenis ini dicairkan setiap empat bulan tepatnya pada bulan Januari-April.

cek bantuan dana kemensos yang segera cair di bulan ini
Ilustrasi:shutterstock

Selain Daftar Bantuan Dana Sosial diatas, terdapat juga bantuan dana social yang akan dicairkan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah melalui program Kartu Prakerja yang sudah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kartu Prakerja ini bisa kalian dapatkan dengan cara mendaftar di website resmi dashboard.prakerja.go.id, Jika kalian sudah pernah mendaftar maka kalian bisa mengikuti seleksi pada gelombang yang tersedia.

👉 Baca Juga :  8 Aplikasi Desain Rumah PC Offline Terbaik Untuk Pemula Dalam Mendesain Rumah Impian

Dengan usaha pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah melalui program kartu prakerja ini bisa melatih pesertanya sehingga bisa mandiri dan bisa lebih produktif untuk kedepannya.

Demikian informasi bantuan dana sosial yang akan dicairkan pada tahun 2022 ini. Jika dari kalian ada yang merasa namanya tercantum maka segera mengecek di halaman resminya untuk mengetahui kapan untuk dicairkannya.