cek bantuan bansos pkh secara online

Dana Bansos Cair 4 Kali Pada Tahun 2022, Cek Penerima Bantuan Kementerian Sosial (KEMENSOS) Program PKH

Dana Bansos Cair  – Pada artikel ini menyediakan beberapa langkah dalam mengecek data keluarga penerima bantuan social dari pemerintah tepatnya pada program PKH.

Dengan kondisi yang serba susah dan pembatasan yang tak ada kunjung berakhirnya mengakibatkan banyak dari masyarakat khususnya dari kalangan ekonomi menengah semakin terpuruk. maka sudah seharusnya pemerintah menangani permasalahan dalam hal sosial ekonomi.

Sepertinya masyarakat Indonesia sangat membutuhkan stimulan untuk tetap survive menjalankan hidup mereka dan keluarganya.

Bantuan ekonomi dan sosial Nampaknya akan segera dicairkan oleh Kementerian Sosial. Mengingat jumlah penduduk di Indonesia yang sangat besar, setidaknya bantuan ini dapat sedikit mengurangi beban keluarga Indonesia.

Hanya keluarga yang datanya terdaftar di DTKS dan memenuhi persyaratan program ini yang dapat mengikuti program bansos ini. Sesuai dengan peraturan Kementerian Sosial/Kemensos.

Cek Daftar Penerima Bantuan PKH dan Waktu Pencairan Dana PKH

daftar penerima bantuan dari kemensos
Ilustrasi:shutterstock

Bagi keluarga yang merasa namanya tercantum dalam data, bisa mengeceknya atau mengaksesnya secara online melalui laman utama dari website cekbansos.kemensos.go.id untuk iformasi pencairan dana Bansos pada bulan January 2022.

Pencairan dana bansos tahun 2022 harus dilakukan dengan ada tidaknya wabah. karena pemerintah Indonesia harus memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia melalui anggaran dana sosial.

Sehingga dana bantuan terkait program PKH harus dicairkan.Melihat harga atau anggaran yang dibuat pemerintah pemerintah telah mengalokasikan Rp. 287 triliun.

Dana yang cukup fantastis untuk sebuah program pemberdayaan konsumtif dan produktif, dengan target sasaran 10 juta keluarga yang ada di Indonesia. Sehingga nantinya dana ini bisa membantu anggota keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Program PKH ini berjalan dengan empat tahap yang disalurkan setiap tiga bulan sekali.

👉 Baca Juga :  Jadwal Pembukaan Gelombang Kartu Prakerja 2022

Awal pencairan dana bansos ini pada bulan januari 2022 dilanjutkan pada bulan April mendatang, Juli dan bulan oktober. Untuk pendistribusiannya, dana program PKH ini akan disistribusikan melalui Bank Nasional (BTN, BNI, BRI dan Bank Berdikari).

Adapun kisaran nominal subsidi bagi penerima bantuan PKH ini adalah :

  • Ibu Hamil/Pasca Melahrikan Menerima Dana Rp. 3 Juta/Thn.
  • Balita Menerima Dana Rp. 3 Juta/Thn.
  • Pendidikan Wajib (SD) Menerima Dana Rp. 900 Ribu/Thn.
  • Pendidikan Wajib (SMP) Menerima Dana Rp. 1.5 Juta/Thn.
  • Pendidikan Wajib (SMA) Menerima Dana Rp. 2 Juta/Thn.
  • Difabel Menerima Dana Rp. 2.4 Juta/Thn.
  • Lansia Menerima Dana Rp. 2.4 Juta/Thn.

Adapun Persyaratan Wajib bagi kalangan keluarga yang menerima Manfaat KPM sebagai berikut :

  • Menyandang status sebagai keluarga miskin yang didalamnya terdapat anggota keluarga yang sedang mengandung/hamil, Balita, Difabel dan Lansia dengan batas umur 70 thn sebagai prioritas utama (sumber: id)
  • Atau berstatus sebagai keluarga miskin dengan anggota keluarga yang didalamnya terdapat anak yang masih mengenyam pendidikan wajib SD, SMP, SMA/SLTA. Dengan batas usia minimal 6 Thn. Sampai 21 Thn.

Jika ingin mengecek daftar keluarga yang menerima bantuan social program PKH ini bisa melalui Laman website cekbansos.kemensos.go.id.

Sertakan alamat yang sesuai mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten dan Provinsi.

Kemudian isi Nama Lengkap sesuai dengan yang ada pada KTP Masing-masing,

Berikutnya masukan kode yang tersedia untuk bisa login untuk mengecek.

Lalu jangan lupa jika sudah login, kalian bisa menekan tombol cari data, selanjutnya hasil data akan muncul pada kolom website tersebut.

Pendistribusian Dana Program PKH ini akan dilakukan setiap 3 bulan sekali dan kondisi seperti ini akan dipercepat dalam proses pendistribusiannya.

Kata Kunci
อาโปเดอมาง,bgรูปท้องฟ้าสวยๆ