Tips menambal knalpot motor yang bocor

Teknik Simple Mengatasi Knalpot Motor Yang Bocor

Mengatasi Knalpot Motor bocor – Bicara soal otomotif pasti tidak luput dengan pembicaraan Motor dan komponen-komponen yang ada didalamnya. Banyak komponen motor yang berperan penting untuk kinerja motor itu sendiri.

Bahkan jikan kita ulik kembali, motor ini sebenarnya produk jadi yang sebelumnya adalah rangkaian dari beberapa komponen yang disusun dan dipasang secara sinkron.

Setiap komponen mempunyai masa dalam daya tahannya, kapan saja bisa terjadi kerusakan tanpa diduga, hal ini sudah semestinya diperhatikan pengguna motor khususnya.

Termasuk juga elemen knalpot ini, setiap motor keluaran pabrik pasti sudah terpasang dengan knalpot. Knalpot sendiri menurpakan saluran out put dari motor.

Namun banyak yang mengabaikan peran knalpot ini sehingga tidak sedikit knalpot motor mereka lecet, bocor dll. Yang menjadikan performa motor semakin menurun.

4 Cara Menambal Knalpot yang Bocor

Masalah Knalpot Bocor rupanya sering terjadi di kondisi dunia transportasi khusunya Motor, tak sedikit dari pengguna mempertanyakan penyebabnya.

Namun banyak opsi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki knalpot yang bocor dan bisa dilakukan secara mandiri oleh kalian di rumah loh.

Menggunakan Las Karbit

lem untuk menambal knalpot bocor
Ilustrasi:shutterstock

Opsi yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk menambal knalpot motor kalian yang bocor yaitu dengan menambalnya dengan Las Karbit.

Banyak yang mengatakan bahwa dengan mengelas knalpot yang bocor dengan menggunakan Las Karbit ini lebih efisien, pasalnya efek dari Las ini lumayan paten disbanding dengan alat-alat lainnya.

Jika kalian ingin menambal, kalian bisa membawanya langsung ke bengkel Las-lasan untuk memperbaiki kebocoran yang ada pada knalpot.

👉 Baca Juga :  Spesifikasi Harga Mobil Honda Jazz Terbaru

Jangan perlu khawatir biaya yang dikeluarkan tidak banyak kok, siapkan 50.000 rupiah kalian akan menerima kembalian uang dan hasilnya knalpot kalian bisa digunakan kembali dengan keadaan yang baru.

Menggunakan Lem Semen

mengatasi knalpot bocor pada motor
Ilustrasi:shutterstock

Opsi selanjutnya kalian bisa menggunakan Lem Semen untuk menambal knalpot motor kalian yang bocor. Jangan salah yaa, lem semen ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menambal knalpot yang bocor.

Kalian bisa melakukan sendiri dirumah dengan hanya mengeluarklan biaya pembelian untuk Lem Semennya 20.000 Ribu dan kalian hanya mengoles nya di bagian knalpot yang terdapat kebocoran.

Mengganti Packing

Opsi ketiga yang bisa kalian lakukan untuk reparasi knalpot bocor adalah dengan menggantikan packingan knalpot motor kalian.

Tidak repot dan tidak juga belibet, kalian hanya perlu membeli packingan knalpot dengan bahan alumuniun agar bisa tahan lama sehingga sedikit membantu mengantisipasi kebocoran selanjutnya.

Dalam hal mengganti packingan ini kalian bisa dengan cara mendoble packingan agar tetap aman sehingga bisa lebih awet lagi.

Menggunakan Alumunium Foil

tutorial menambal knalpot motor yang bocor
Ilustrasi:shutterstock

Dan opsi terakhir yang bisa kalian lakukan secara mandiri dalam penambalan knalpot bocor ini yaitu menambalnya dengan Alumunium Foil dan kalian bisa dapatkan di berbagai toko di sekitar rumah kalian.

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya kegunaan Alumunium Foil ini dalam sehari-hari dipakai untuk keperluan memasak. Namun, Alumunium ini juga bisa dipakai untuk menambal knalpot bocor loh.

Mungkin Cara ini adalah cara yang paling mudah dan simple dalam hal menambal knalpot yang bocor. Tentu saja kalian bisa langsung menempelkannya di bagian knalpot yang bocor dan pastikan Alumunium Foil ini terpasang rekat ya.

Penutup

Demikian beberapa ulasan opsi cara mengatasi knalpot motor bocor yang perlu diperbaiki dengan cara menambal. Semoga artikel ini bisa membantu pembaca dan bisa bermanfaat untuk orang yang berkeperluan dalam hal ini.

👉 Baca Juga :  Pusing, Knalpot Bocor Terus? Cek Solusinya Disini!