Cara Merawat Vespa Agar Tetap Eksotis

Tips Merawat Vespa yang Baik dan Benar, Vespa Semakin Cantik

Tips Merawat Vespa – Salah satu motor legend yang pernah ada dan tetap eksis di era sekarang ini adalah Vespa. Vespa sendiri merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua dengan tampilan body yang unik.

Banyak orang yang terpikat dengan tampilan motor yang satu ini dari kalangan remaja sampai orang tua. Meski Vespa ini sudah cukup tua namun awalnya motor ini merupakan spare part pesawat tempur era PD II. Vespa tua lebih eksotis dan lebih mahal. Karena orisinalitasnya.

Memang proses perawatan Vespa tergolong gampang gampang susah. Jika kalian terbiasa dalam hal merawatnya maka akan mudah sebagai mestinya, tapi jika tidak terbiasa maka akan terlihat sulit.

Tips Merawat Vespa Agar Tetap Eksotis

Seiring dengan perkembangan dunia otomotif, sekarang sudah banyak onderdil-oderdil Vespa yang diperjualkan sehingga pengguna Vespa tidak khawatir lagi dengan keperluan sparepart yang dibutuhkan pada motor jenis Vespa ini.

Motor Vespa ini akan memberikan performa yang maksimal jika perawatannya terjaga, maka sudah seharusnya bagi kalian merawatnya dengan benar dan selalu memperhatikan kondisi komponen-komponennya agar tetap mempilkan performa yang mempuni.

Nah, jika kalian pengguna baru dan masih minim pengetahuannya mengenai Vespa dan tata cara merawatnya akan kami suguhkan beberapa kiat yang bisa dilakukan secara mandiri untuk merawat motor vespa kesayang kalian.

merawat vespa dengan baik dan benar

Perhatikan Kondisi Body Vespa

Dalam pemeliharaannya agar tetap mulus dan eksotis kalian perlu merawat body nya dengan perawatan yang baik dan teratur.

👉 Baca Juga :  Rekomendasi Motor Jadul yang Sedang Naik Daun

Dengan sering membersihkan dan mengelap bekas-bekas kotoran yang menempel entah itu berupa debu atau lainnya.

Atau jika kalian mager untuk membersihkannya kalian bisa bawa ke tempat steam motor terdekat agar kondisi body Vespa terlihat semakin kinclong,

Jika mau lebih dari itu kalian juga bisa mengecat ulang dengan warna pilihan kalian jika kondisi body Vespa banyak goresan dan banyak cat-cat yang terkelupas.

Dengan demikian kalian bisa melihat Body Vespa semakin mengkilau dengan tampilan Cat yang berbeda.

Cek Kondisi Karburator Vespa

cara menjaga keunikan vespa agar mahal saat dijual

Kemudian langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk merawat Vespa ini adalah dengan mengecek Kondisi Karburator yang terpasang di Vespa tersebut.

Disarankan untuk selalu membersihkan Karburato Vespa secara rutin, karena komponen ini berperan pending dalam kinerja performa Vespa yang kalian punya. Semakin rutin dan bersih kondisi Karburatornya maka semakin minim juga Mogoknya.

Hal yang menjadikan Vespa sering mogok ada pada komponen Karburatornya, maka sudah seharusnya Pemilik Vespa Melkukan cek up terhadap kondisi Karburatornya.

Mengecek Kondisi Busi Vespa

tips rawat vespa agar tetap keren

Tips Merawat Vespa adalah pada kondisi komponen businya dan hal ini menjadi rata-rata permasalahan pada motor dengan usia tua.

Maka jika kalian pemilik motor tua sudah seharusnya kalian sering memeriksa atau mengecek kondisi busi pada Motor Vespa. Jika komponen busi ini terlihat kotor maka segera mungkin untuk memberishkannya.

Pada proses pembersihan busi ini biasanya menggunakan Amplas guna membersihkan busi secara merata dan bersih dari kotoran yang menempel.

Kalian bisa mengecek rutin dalam kisaran sebulan sekali dan menggantinya dalam waktu 5-6 bulan kedepan untuk memastikan performanya tetap dan mesin mudah dinyalakan.

Selalu Mengecek Kesediaan Bahan Bakar

Kita tahu bahwa Vespa ini tergolong Boros terhadap pemakaian bahan bakarnya. Karena itu selalu mengecek kesediaan bahan bakar. Jika terlihat sudah mulai habis maka segera untuk mengisi ulang.

👉 Baca Juga :  Cara Mengantisipasi Kerusakan Pada Shockbreaker Motor dan Tips Merawatnya Agar Tetap Awet

Dan dalam tahap pemilihan bahan bakar tidak semena-mena loh, karena tidak semua bahan bakar cocok untuk motor Vespa ini. Jadi pilihlah bahan bakar yang mengandung oktan tinggi sehingga motor tetap irit.

Sebaliknya jika kalian menggunakan bahan bakan yang mengandung oktan rendah maka yang akan terjadi adalah performa Vespa tidak bisa maksimal.

Mengganti Oli Samping Secara Rutin

cara memilih oli samping vespa yang baik

Dari segi fungsinya, oli samping ini tidak jauh beda fungsinya dengan bahan bakar. Jikia bahan bakar digunakan untuk keperluan percikan api maka oli ini berfungsi untuk bisa menghaluskan atau sebagai pelumas yang memebrikan efek elastic pada komponen-komponennya.

Jadi, perlu adanya penggantian oli samping secara berkala agar Vespa bisa digunakan dan berjalan dengan normal dan lebih halus sesuai dengan harapan kita.

Perlu kami ingatkan juga dalam pemilihan oli samping ini kalian harus benar-benar pintar dalam penggunaan merk oli samping. Kalian harus memilih oli samping dengan high quality untuk menjaga performa Vespa.

Penutup

Demikian ulasan mengenai perawatan motor Vespa agar tetap prima dan eksotis yang bisa kalian lakukan secara mandiri jika kalian memiliki motor jenis ini.

Dan semoga artikel ini bisa membantu pembaca dan bisa bermanfaat untuk kedepannya.