Tips Membeli Motor Bekas Minim Penipuan

Tips Membeli Motor Second Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Motor Second – Memiliki sepeda motor merupakan suatu keingan setiap orang pada umumnya. Namun jika kondisi dfinansial seseorang tidak mendukung untuk membeli kendaraan motor yang baru maka hanya ada opsi untuk membeli motor bekas yang ada di pasaran.

Jika menilik kapasitas performanya, motor bekas sekarang ini masih banyak yang yang memiliki kapasitas yang normal dan layak pakai dengan performa yang cukup baik.

Di sisi lain banyak juga jual beli motor bekas yang berkedok penipuan sehingga tidak sedikit orang yang tertipu dengan penjualan motor abal-abal.

Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Kecewa

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mempunyai kendaraan jenis Motor, entah dengan membelinya secara cash, kredit ataupun dengan cara membeli motor bekas.

Namun perlu diperhatikan dalam pembelian motor bekas di pasaran, untuk menghindari penipuan dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kami akan menyedian berbagai ulasan yang membantu keyakinan kalian jika ingin membeli motor bekas di pasaran.

Ajak Orang yang Ahli Pada Saat Mengecek Motor Bekas

Langjkah pertama sebelum anda yakin untuk melakukan pembelian motor bekas, maka sebaiknya kalian harus mengajak orang yang ahli pada bidangnya dalam artian kalian bisa mengajak orang yang benar-benar paham mengenai permasalahan yang ada pada motor.

Hal demikian untuk menimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli motor bekas.

Cek Kelengkapan Surat Motor

beli motor bekas yang suratnya lengkapr

Tips Membeli Motor Second yang kedua yang sering dilakukan adalah mengecek perlengkapan surat motor, mulai dari STNK, BPKB dll. Jika kalian sudah mendapati kondisi motor itu dengan kelengkapan surat-suratnya kalian bisa lanjutkan dengan bernegosiasi masalah harga yang ditawarkan.

👉 Baca Juga :  Tesla Cyber Truck Resmi Ganti Model di Tahun 2023

Namun bila ternyata motor tersebut tidak mempunyai kelengkapan pada surat-suratnya maka untuk menjaga keamanan sebaiknya untuk dilewatkan saja dan mencari opsi motor lain yang mendukung dengan surat-suratnya.

Kenapa demikian, karena banyak motor hasil curian yang dijual dengan kedok jual beli motor bekas. Untuk menghindari fitnah dan keamanan pembeli sebaiknya jangan ditinjak lanjuti.

Memastikan Fisik Motor Bekas

Kemudian Cek keadaan fisik motor yang kalian minati. Dengan mengecek kondisi fisik motor kalian bisa mendapatkan informasi dari keadaan motor entah itu goresan, bekas kecelakaan atau lain sebagainya.

Cara mudah mengetahui motor bekas ini adalah bekas kecelakaan adalah kalian bisa melakukan standar tengah pada motor kemudian dilihat dari sudut ban paling depan, jika ternyata ban depan dan ban belakang berbeda atau dalam artian tidak sejajar.

Hal tersebut bisa terindentifikasi bahwa segitiga motor sudah kena entah itu akibat kecelakaan atau lainnya.

Cek Harga Pasaran Motor

Kemudian jika sudah mengecek perlengkapan surat motor kalian bisa melanjut ke negosiasi harga, jika harga yang ditawarkan sangat tinggi atau diatas rata-rata. Kalian bisa menggali informasi sebelumnya tentang harga pasaran motor yang kalian minati.

Karena setiap spesifikasi motor berbeda-beda begitupun harga jualnya. Sebaiknya kalian update tentang hrga pasaran yang ada di wlayah tersebut untuk mengantisipasi penipuan jual beli motor.

Kalian juga bisa mengecek tampilan motor, jika harga yang ditawarkan tinggi akan tetapi tampilan motornya jelek maka perlu kalian pertanyakan.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

beli motor bekas harus mengecek nomer mesin

Langkah selanjutnya yaitu mengecek nomor rangka yang ada pada mesin. Karena banyak kasus yang terjadi dimana mesin dimanipulasi untuk selanjutnnya dijual.

Kalian juga bisa mengecek nomor rangkanya, jika ternyata tidak ada kococokan pada nomornya berarti sudah terindikasi adanya penipuan terhadap mesin yang dipasang pada motornya.

👉 Baca Juga :  Rekomendasi Varian Motor Yang Paling digemari Oleh Wanita

Dan langkah yang harus kalian lakukan adalah lebih baik mengcancel terlebih dahulu.

Lakukan Test Drive

tips memilih motor bekas agar tidak tertipu

Kualitas rem gas dan komponen mesin lainnya harus diperiksa melalui test drive sebelum kontrak penjualan untuk memastikan pengoperasian mesin yang baik dari segi kenyamanan dan keamanan.

Sehingga jika ada kecocokan, maka bisa dipinang dan dilakukan tahap selanjutnya pada negoisasi tersebut.

Penutup

ulasan diatas merupakan hal-hal yang sering terjadi di dunia jual beli, termasuk juga pada jual beli otomotif seperti motor bekas dll

semoga rangkaian ini bisa membantu pembaca yang hendak membeli kendaraan yang berstatus second atau bekas guna menghindari penipuan dari kalangan oknum yang tidak bertanggung jawab