Cara Mengantisipasi Kerusakan Pada Shockbreaker Motor dan Tips Merawatnya Agar Tetap Awet

Shockbreaker Motor – Bicara soal motor pasti akan merujuk ke komponen-komponen yang ada pada motor termasuk komponen yang satu ini Shockbreaker.

Komponen yang ada pada motor ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kinerja motor, dimana Shockbreaker ini mampu meredam atau meminimalisir getaran yang diterima oleh motor saat digunakan.

Komponen yang satu ini juga membuat pengendara semakin nyaman saat mengendarai motornya. Getaran dan beban menumpu pada satu komponen ini, sehingga motor berjalan terlihat normal dengan minimnya gejolak yang dihasilkan.

Namun pada umumnya setiap komponen juga perlu adanya perawatan agar awet dan bisa berfungsi  sebagai mana yang kita inginkan, Termasuk juga pada komponen Shockbreaker ini.

Tips Perawatan Shockbreaker Motor

Pemeliharaan Motor termasuk juga pemeliharaan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Salah satu bentuk pemeliharaan motor yaitu dengan merawat Shockbreaker dimana komponen yang satu ini ter,asuk bagian yang riskan terhadap kenyamanan pengendara saat melintasi medan jalan.

Dibawah ini akan kami uraikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga atau merawat Shockbreaker motor yang kalian punya.

Bersihkan Shockbreaker Secara Berkala dan Rutin

Bersihkan Shockbreaker Secara Rutin

Komponen motor yang satu ini rentan sekali kemasukan dengan debu dan kotoran yang lama kelamaan akan menempel dan turtupuk pada bagian As Shockbreaker.

Shock ini kan posisinya dekat dengan roda motor, nah jika motor jalan otomatis debu akan berterbangan itu juga kalau kondisi cuacanya sedang normal, bagaimana kalau kondisi hujan dan tekstur datarannya berlumpur ?

👉 Baca Juga :  Teknik Mudah Bongkar Pasang Knlapot Motor

Maka dari itu hal yang perlu kalian lakukan ketika melihat kondisi Shock motor kalian tertutupi oleh debu-debu maka sesegera mungkin untuk di bersihkan dengan cara mengelap bagian yang kotor.

Perlu diingat jika kalian tidak segera membersihkan shockbreaker yang kotor entah debu atau lainnya, maka akan bisa mengurangi elastisitas Shock motor kalian ketika digunakan. Sehingga performa shockbreaker dalam mengatasi getaran tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Dan satu lagi Jika hal ini dibiarkan dan tidak dihiraukan maka kemungkinan akan mengaret dan menjadikan oli as Shockbreaker meler ke permukaan luar Shock. Sehingga perlu diganti

Hindari Jalan yang Berlubang/Rusak

Hindari Jalan yang Berlubang

Dilihat dari segi fungsinya Shockbreaker ini dapat mengurangi getaran goncangan ketika motor sedang digunakan.

Namun, jika terus dipakai dan digunakan di medan jalan yang teksturnya tidak rata atau berbatu kan jadinya sayang. Pasalnya performa elastisitas Shock ini juga ada kadarnya, jika keseringan dengan hal begitu maka yang ada hanya menurunkan kapasitas elastisnya.

Sehingga lama-kelamaan Shock akan hilang kemampuannya dan tidak berfungsi dengan baik dengan seiring berjalannya waktu.

Kalian yang tinggal di kawasan perkotaan dan pedesaan disarankan untuk menghindari jalan yang rusak dan berlubang, dan jika memang kondisi jalan tetap memaksa, maka kalian hanya perlu mengatur ritme gas kalian saat berkendara harus dengan pelan. Alias jangan kebut.

Hindari Penggunaan Aksesoris Anting

Hindari Penggunaan Aksesoris Anting

Memang pada dasarnya aksesoris anting pada Shockbreaker terlihat menarik dengan modifikasi Shock yang semakin tinggi dari biasanya.

Akan tetapi, menurut standar operasional pabrik mengenai aksesoris anting yang ada pada shockbreaker ini bisa mengganggu fungsi shockbreakernya.

Pasalnya aksesoris anting ini berdampak kuat dan menekan pada knerja fungsional shock, sehingga menyebabkan shockbreaker motor tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

👉 Baca Juga :  Tips Rawat Motor Agar Tetap Sehat dan Prima

So, Hindari Penggunaan Aksesoris anting pada Shockbreaker motor kalian jika kalian ingin komponennya terjaga dan awet.

Memakai Shockbreaker Dengan Kualitas Tinggi

Cara Merawat Shockbreaker motor agar tidak cepat rusak

Kami sarankan jika kalian hendak mengganti shockbreaker motor kalian maka hala yang perlu diperhatikan oleh kalian adalah pemilihan shockbreker yang benar-benar berkualitas sehingga nantinya kinerja komponen Shock ini bisa maksimal dengan adanya perawatan selanjutnya.

Dengan memakai Shock yang berkualitas, maka potensi kerusakan atau disfungsi pada Shock ini minim dan tergolong awet tahan lama dengan performa yang tetap.

Mengganti Oli Shockbreaker Secara Rutin

shockbreaker motor

Tips selanjutnya yaitu mengganti oli Shock. Segera mungkin kalian membawa motor kalian ke bengkel kepercayaan kalian jika kalian mendapati kondisi atau merasakan ayunan pada shockbreaker motor terasa sudah tidak biasanya dalam artian kalian tidak merasa nyaman lagi.

Hal tersebut harus cepat dicek guna meminimalisir potensi Aus pada Shockbreker motor kalian. Dan mengganti oli sudah seharusnya dilakukan secara rutin.

Idealnya, penggantian oli shock ini 2-3 tahun atau jika motor kalian sudah mencapai kilometer 15rb karena biasanya pada kondisi seperti ini, oli akan semakin mencair atau encer sehingga performa daya redam terhadap suspense sepeda motor kalian semakin berkurang.

Penutup

Berbagai tips dan cara dalam merawat Shockbreaker diatas merupakan langkah terapan yang cukup simple dan gampang untuk dilakukan secara mandiri.

Mungkin banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat shockbreaker. Namun, kami sarankan untuk melakukan yang dasar dan yang biasanya sering terjadi di motor setiap harinya.

Sudah jelas ya teman-teman ?

Semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.