desain final Istana Kepresidenan di Kalimantan Timur

Menilik Desain Ibukota Baru Indonesia Karya I Nyoman Nuarta

Desain Ibukota Baru banyak menyita perhatian dari kalangan masyarakat, termasuk desain visual Istana Kepresidenan yang nantinya akan disediakan untuk Presiden Indoneisa kedepannya.

Desain istana kepresidenan Sebelumnya sempat viral di media sosial sebuah Ibu Kota Negara baru ini berbentuk burung Garuda yang mengepakan sayapnya. Bahkan desain ini juga sudah ramai dan diperbincangkan di kalangan para arsitektur  di Indonesia.

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur akhirnya terungkap. Desain burung Garuda untuk Istana Kepresidenan ternyata benar adanya dan nyata.

Nampaknya desain final Istana Kepresidenan di Kalimantan Timur ini telah disetujui dan telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai konsep rencana pembangunan bangunan yang super megah.

Dengan begitu sayembara pembuatan desain Istana Kepresidenan telah usai dan telah disetujui. Pemenang dari sayembara ini adalah sosok Arsitektur yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, sosok pakar dalam seni perpatungan yang sudah membuat berbagai karya salah satu yang paling menghebohkan adalah rancangan desain patung wisnu kencana yang ada di bali.

Sosok I nyoman Nuarta merupakan putera asli Indonesia kelahiran Bali pulau Dewata. Dari hasil karyanya melalui postingan di akun media social Instagram nya, beliau membagikan sebuah video berdurasi singkat tentang desain ibukota baru.

Pemenang sayembara desain istana presiden ibukota baru
Ilustrasi (Sumber: Instagram)

Banyak respon positif dari para pengikutnya dengan memberi dukungan dan selamat atas kemenangannya saat sayembara desain.

Konsep yang diusung oleh desainer Istana Kepresidenan ini adalah kota Palangka Raya ini akan menjadi symbol identitas Negara Indonesia dan nantinya aka nada patung Monumen Pancasila di kawasan Istana Kepresidenan baru.

Dari kejauhan Istana Kepresidenan tampak kehijau-hijauan dengan dimensi nature di area sekitar Istana. Di tengah tampak bangunan dengan pondasi lebih dari 20 tiang dan terlihat tiang pengibaran bendera Merah Putih.

👉 Baca Juga :  Mengenal Calon Ibukota Baru Indonesia

Selain itu juga Nampak konsep eksteriornya “Pandangan Sayap Garuda”. Jika dilihat dari kejauhan maka terlihat kepakan sayap garuda seolah melindungi gedung yang ada di depannya, tentunya  Kebanggaan masyarakat Indonesia akan  menggelora  ketika Istana ini sudah terbangun.