mengenal calon ibukota baru indonesia

Mengenal Calon Ibukota Baru Indonesia

Ibukota Baru Indonesia Semenjak pernyataan Presiden Joko Widodo tentang issue pemindahan ibukota. Mulai beredar kabar kandidat calon kota/kabupaten yang akan dijadikan ibukota di Kalimantan.

Perencanaan ini tentunya bukan hanya sebuah wacana belaka, melainkan ini sudah direncanakan dengan alasan yang sudah benar-benar pasti dan ibukota Indonesia harus dipindahkan pada tahun 2024.

Tercatat sudah beberapa kali semenjak periode kepemimpinan mantan Presiden Indonesia yang ke 6 yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono issue pemindahan ibukota sudah digaungkan, akan tetapi belum terlaksana.

Kandidat Calon Ibukota Baru Indonesia

palangka raya calon ibukota indonesia

Salah satu kandidat terkuat untuk dijadikannya ibukota Indonesia ini adalah Kota Palangka Raya. Tentunya sudah banyak kajian banyak untuk memindahkan Ibukota. Pasalnya memindahkan ibukota bukanlah suatu hal yang mudah seperti membalikan kedua tepak tangan.

Kota Palangka Raya sudah disebut oleh Proklamator kemerdekaan RI dan dirumorkan akan menjadi sebuah pusat peradaban Indonesia yang akan menjadi ibukota menggantikan Kota Jakarta.

Presiden Soekarno membangun kota ini dengan memancang tiang pertama dalam pembangunan kota Palangka Raya pada tahun 17 Juli 1957, dan memulainya dari bundaran besar, tiang pancang, istana, taman kota dan budaran kecil serta masih banyak lainnya.

Dari segi demografinya, kota ini mempunyai keluasan wilayah empat kali lipat disbanding dengan Jakarta yang mempunyai luas 660KM Persegi.

Jika dikalikan maka luas kota ini menjadi 2.400KM Persegi. Sudah ditebak dimana kondisi jalan yang ada pada kota ini cenderung lebar ditambah dengan kuantitas penduduknya yang masih relative sedikit dibandingkan dengan yang ada di Jakarta, sehingga tidak ada kemacetan yang terjadi di ruas jalan yang ada pada kota Palangka Raya.

Sumber Perekenomian masyarakat Kota ini mayoritas memanfaatkan sumberdaya alamnya, terutama pada pemanfaatan hasil sungainya. Walaupun perkembangan zaman sudah pesat akan tetapi pada transportasi keseharian mereka dalam berniaga masih kapal getek, sampan dll.

👉 Baca Juga :  Bansos Pemerintah Dicairkan Lagi Bulan ini, Cek Jadwal Nya !

Berbeda dengan kondisi yang ada pada daratan, kebanyakan masyarakatnya masih menggunakan angkotan umum sebagai transportasi perjalan mereka. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan yang ada di Jakarta.

Kota Palangkaraya mempunyai sebutan kota Bumi Pancasila. Dengan banyaknya etnis, suku dan budayanya hubungan social antar masayarakatnya terbilang harmonis pantas saja kota ini diberi sebutan Bumi Pancasila. Kota yang mengimplementasikan Nilai Pancasila yang sesungguhnya.

kandidat calon ibukota Indonesia

Selain kota Palangka Raya, kandidat lainnya yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara yang berada di Kalimantan Timur. Kabupaten yang memiliki luas tanah yang sangat luas, tentunya Ibukota Tenggarong ini masuk dalam list kandidat wilayah untuk pemindahan Ibukota RI.

Kutai sendiri memiliki sisi histori yang cukup kental, dimana dulunya terdapat sebuah kerajaan yang terbesar dan tertua di Indonesia, temen-temen pasti sudah paham dengan nama kerajaan ini, kerajaan kutai yang Berjaya pada abad ke empat.

Sama halnya dengan kota Palangka Raya, Kutai Kartanegara juga memiliki penduduk yang multietnis dan multiagama namun keharmonisan tetap terjaga.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan pembangunan konstruksi awal Ibu Kota Baru bisa dimulai di akhir 2020.

Bagi Masyarakat Jakarta, jangan berkecil hati dengan adanya wacana pemindahan ibukota. Hal ini diusungkan dengan menimbang kemaslahatan bersama. Tentunya Jakarta akan menjadi kota yang paling bersejarah yang pernah ada di Indonesia.

Penutup

Itulah kilasan mengenai calon Ibukota baru Indonesia, dimana dalam hal ini sudah disusun dan dirancang dengan desain yang sangat megah untuk dibangunkan sebuah istana kepresidenan. semoga wacana ini bisa terealisasikan kedepannya dan Indonesia semakin Maju dengan pemimpin yang amanah