Cara Membuat NIB UMKM Izin Usaha Melalui OSS

Cara Membuat NIB UMKM Izin Usaha Melalui OSS Gratis Secara Online

Cara membuat NIB atau Nomor Induk Berusaha untuk UMKM sekarang dapat dilaksanakan lebih gampang, yaitu lewat cara online melalui OSS.

Menjadi seorang pengusaha yang profesional, kamu perlu memberi banyak perhatian pada usaha yang kamu lakukan. Misalkan dengan memberi jaminan hukum dan mendaftar usaha yang kamu rintis dengan cara resmi.

Salah satunya bentuk hal pemberian izin ini ialah Nomor Induk Berusaha (NIB), yang pada intinya harus dimiliki oleh beberapa pelaksana usaha untuk dapat mengurusi hal pemberian izin usaha lewat OSS (Online Single Submission).

Apasih NIB itu dan Bagaimana cara membuatnya ? NIB adalah sebagai nomor identitas usaha yang dipakai untuk melakukan aktivitas usaha mereka. Nomor identitas ini disamakan dengan sektor bisnis yang dimiliki.

Nomor Induk Berusaha (NIB) ini terdiri dari 3 belas digit angka, yang terhitung didalamnya ada pengaman dan tanda-tangan electronic pemilik usaha.

Cara Membuat NIB Dalu mengurusan NIB cukup menyusahkan karena pemilik usaha harus tiba langsung ke kantor pemerintah. Tetapi, saat ini langkah memperoleh Nomor Induk Usaha (NIB) ini lumayan mudah membuatnya.

Tetapi pertanyaannya, memang apa sich maksud dan fungsi NIB untuk usaha kamu? Lantas bagaimanakah cara membuat nomor induk berusaha dan apa ketentuannya?

Nomor Induk Berusaha atau dipersingkat NIB ialah document yang berperan sebagai alternatif Pertanda Daftar Perusahaan (TPD), Angka Pengenal Import (API) dan sebagai alternatif Nomor Induk Kepabeanan (NIK) yang dipakai untuk Hak Akses Kepabeanan aktivitas export dan import.

Tiap usaha baik perseorangan atau badan usaha yang berkedudukan dan lakukan aktivitas usaha di Indonesia harus mempunyai Nomor Induk Berusaha wajib

Cara Membuat NIB Perusahaan Melalui OSS

Untuk membikin NIB pasti ada berbagai tahapan yang harus dilakukan lebih dulu. Tahap pertama yakni membuat account OSS. Pembuatan account OSS ini dapat dilakukan lewat situs OSS  dapat diketemukan di website OSS yang sudah ada di bawah ini :

👉 Baca Juga :  Pengamalan Nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-Hari 

NIB Perusahaan Melalui OSS

Log-in di website OSS (https://ui-login.oss.go.id).

Klik tombol “Daftar” Kemudian isi data yang diperlukan  seperti:

Jenis Identitas (KTP, Paspor)

Nomor  NIK

Negara Asal

Tempat Tanggal Lahir

Nomor HP

Alamat Email

Selanjutnya Masukkan Kode Captcha lalu  ceklist kotak kecil sebagai tanda anda menyetujui  persyaratan  dan Ketentuan yang berlaku.

Silakan login pada sistem Online Single Submission (OSS) dengan menggunakan username dan password yang di kirim melalui Email

Kemudian buka situs  www.oss.go.id/oss/ untuk masuk ke akun kamu. Isi Username dan  password yang dikirim melalui email tadi.

Lalu pilih “Usaha Mikro dan Kecil (UMK)” yang ada di sebelah  kiri lalu klik pilih

OSS Gratis Secara Online

ISI  semua DATA PELAKU USAHA, seperti:

NIK

Nama

Jenis Kelamin

Nomor Telepon

Alamat KTP

NPWP Pribadi

Permohonan NPWP jika belum memiliki

Apakah Anda sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan?

Apakah Anda sudah memiliki BPJS Kesehatan?

Kemudian Klik Simpan Data

Cara daftar NIB UMKM Izin Usaha

Selanjutnya pilih  Tambah Bidang Usaha isi semua yang di butuhkan seperti

Nama Usaha / Kegiatan

Lokasi Kegiatan Usaha

Luas Lahan Usaha

Alamat Usaha

Provinsi

Kabupaten / Kota

Kecamatan

Kelurahan / Desa

Kode Pos

Apakah kegiatan usaha ini sudah berjalan?

Apakah Anda akan melakukan pembangunan gedung?

Modal Usaha

Deskripsi Kegiatan Usaha

Jumlah Tenaga Kerja Indonesia

NIB Izin Usaha

Kemudian unduh Nomor Induk Berusaha dengan cara klik “Simpan dan Lanjutkan” data usaha yang sudah anda lengkapi.

Klik data usaha dan klik tombol “Proses NIB”.

Selanjutnya klik tombol “NIB” untuk menerbitkan mudah kan? cara membuat nomor induk berusaha dan OSS untuk UMKM lewat oss.go.id