Tips Rawat Motor

Tips Rawat Motor Agar Tetap Sehat dan Prima

Tips Rawat Motor  – Sepeda motor merupakan salah satu transportasi yang praktis sehingga banyak peminatnya di kalangan masyarakat Indonesia. Kita tahu bahwa memiliki kendaraan motor merupakan impian bagi semua kalangan.

Akan tetapi banyak orang yang melalaikan kondisi motor yang mereka punya. Sayang kan, kalo motor kita malah bermasalah karena ulah kita sendiri.

Tips Merawat Mesin Motor

Salah satu hal yang wajib kita lakukan untuk menjaga kualitas motor kita adalah merawatnya, seperti halnya merwat binatang kesukaan mu, bedanya kan Cuma ini bentuk nya motor.

Motor juga mempunyai daya kekuatan yang terbatas sehingga harus di charger ulang kembali agar kekuatan motor kita kembali fresh.

Dalam artikel ini sudah kami siapkan kiat atau cara yang bisa dilakukan untuk merawat motor kesayang kalian agar tetap sehat dan bugar.

Ganti Sparepart Motor Tepat Waktu

cara mudah rawat motor agar tetap prima
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Saat sepeda motor Anda mencapai jarak tempuh 3000 km Anda dapat merawatnya dengan melakukan servis berkala sesuai dengan buku panduan servis.

Jika kalian sering kelupaan dengan jarak tempuh motor kalian, kalian bisa dengan membulatkan saja untuk penyervisan dan mengecek kondisi  mesin motor kalian dalam 3 bulan sekali.

Jika Anda seorang pengendara aktif dan sering menggunakan sepeda motor, Anda harus memperbaikinya sebulan sekali. Hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga keamanan dan umur panjang mesin sepeda motor Anda. Pastikan sepeda Anda dalam kondisi baik.

Panaskan Motor Sebelum Digunakan

cara mudah merawat motor matic
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Rutin memanaskan mesin motor kalian sebelum membawanya untuk beraktivitas.  harus diingat yaa, memanaskan mesin motor kalian dilakukan secara rutin setiap pagi, sedikitnya hanya 5-10 menit supaya mesin terpelumasi oleh oli yang otomatis naik.

👉 Baca Juga :  Rekomendasi Varian Motor Yang Paling digemari Oleh Wanita

Dan jangan lupa untuk memainkan gas saat pemanasan mesin motor dengan tujuan mengurangi gesekan kasar yang ada pada mesin.

Perawatan tersebut bisa menjadikan kondisi mesin motor kalian tetap dalam kondisi prima, sehingga kalian tidak usah khawatir ketika hendak menggunakan motor untuk jarak jauh.

Cek Kondisi Oli

tips merawat mesin motor
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Tips Rawat Motor tidak hanya melulu tentang mesin, mesin bekerja juga oleh pengaruh oli. Oli sangat berpengaruh untuk kinerja mesin motor kalian, maka jangan remehkan oli ya teman-teman.

Cek kondisi oli motor kalian, oli ini gunanya untuk melumasi komponen mesin yang lainnya. Kalian bisa menandain kondisi oli yang sehat dan yang tidak.

Jika oli menjadi gelap berarti oli sudah lama digunakan dan disarankan untuk mengganti oli untuk menjaga performa mesin tetap baik. Ini bisa diganti sebulan sekali, tiga bulan sekali, dll tergantung bagaimana Anda menggunakan motor. tetapi secara umum jika Anda sering menggunakan sepeda Anda akan merasa alami.

Cek Kondisi Vanbelt dan Roller

tips merawat motor bebek
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Jika motor kalian berupa matic atau model injeksi kalian pasti sudah tahu model injeksi pasti memakai Vanbelt gunanya untuk menggabungkan roda dan mesin.

Vanbelt sendiri terbuat dari karet yang bisa jadi suatu waktu pasti akan putus, biasanya kondisi vanbelt motor matic bisa mencapai 20.000km sampai dengan 25.000km.

Dan jarak jangkau motor kalian sudah mencapai angka tersebut, sudah seharusnya anda menggantinya sehingga motor kalian bisa berjalan dengan halus.

Rutin Membersihkan Gear Motor

cara merawat motor matic
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Jika sepeda motor Anda bukan matic, Anda bisa mengecek kondisi gigi sepeda motor Anda dan membersihkannya secara rutin minimal dua kali dalam sebulan.

👉 Baca Juga :  Cara Mengantisipasi Kerusakan Pada Shockbreaker Motor dan Tips Merawatnya Agar Tetap Awet

Gunanya untuk memastikan kondisi gear motor kalian bersih dan tidak ada kotoran yang nempel, pasalnya gear ini rawan sekali untuk kemasukan berbagai kotoran yang menghambat kinerja motor kalian.

Mengecek Kualitas Busi

cara merawat motor vixion
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Tips perawatan sepeda motor tidak lepas dari yang namanya busi walaupun kontribusi busi ini terhadap komponen mesin sangat penting. Bayangkan apa jadinya jika tidak ada busi?

Ya Tidak bisa menyala motornya

Busi beroperasi sebagai pemantik api yang menjadikan motor bisa menyala. Maka disarankan untuk mengecek kondisi Busi motor kesyangan kalian.  Jika kondisi busi sudah tidak bagus maka harus kalian ganti dengan gusi yang baru.

Jaga perilaku berkendara

dan yang paling terakhir adalah perilaku berkendara kalian yang menentukan kondisi awet atau tidaknya motor kalian.

Perilaku ini meliputi semua aktivitas berkendara kalian saat menggunakan motor, jika kalian srugal-srugul potensi rusaknya motor kalian sangat besar.

Pasalnya orang yang anteng-anteng saja saat mengendarai kendaraan bisa hancur motornya karena tertabrak, mislanya. Apalagi kalau perilaku berkendara kalian srugal srugul ?

Penutup

Demikian kiat atau tips dalam merawat motor agar tetap sehat dan prima. Semoga bermanfaat untuk pembaca artikel ini