Alasan Ibukota Indonesia Harus Dipindahkan

Alasan Ibukota Indonesia Harus Dipindahkan

Ibukota Indonesia – Pemerintah Republik Indonesia merencanakan untuk memindahkan ibu kota negara dari Kota Jakarta ke Kota Kalimantan Timur pada tahun 2024 yang akan datang. Hal ini diungkapkan langsung oleh Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando W.

Hal in juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta yang Ketua DPD Partai Pergerakan Indonesia Raya DKI Jakarta Muhammad Taufik yang menuturkan wacan pemindahan Ibukota Negara Indonesia.

Dalam Pernyataannya Presiden Joko Widodo mengungkapkan beberapa alasan mengapa Ibukota Negara harus dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Hal-hal yang mendasari pemindahan Ibukota Indonesia ke Kalimantan Timur :

1. Penduduk Jakarta terlalu padat

Penduduk Jakarta terlalu padat
Ilustrasi:shutterstock

Hal ini sangat wajar, mengingat Jakarta adalah sebuah pusat Indonesia dan merupakan kota terbesar yang ada di Indoesia.

Jakarta merupakan tempat singgah bagi perantau dari seluruh wilayah yang ada di Nusantara, hal ini menyebabkan Jakarta dijuluki sebagai kota terpadat di dunia.

Mulai dari Ras Jawa, Sunda, Dayak dan lain sebagainya.

2. Kualitas Air Semakin Buruk

Kualitas Air Semakin Buruk
Ilustrasi:shutterstock

Kesediaan air bersih yang semakin berkurang, menjadi sebuah alasan untuk dipindahkannya Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Dengan over kapasiti penduduknya Jakarta semakin krisis akan kualitas air bersihnya sehingga direncanakan sebuah pemindahan pusat, mengingat Kalimantan Timur merupakan lokasi yang sangat luas dan menyediakan sumber daya alam yang sangat banyak termasuk Air bersih

3. Rawan Banjir

Rawan Banjir
Ilustrasi:shutterstock

Tercatat sudah berulang kali Jakarta mengalami kebanjirang yang tidak wajar lagi akhir-akhir ini, puncaknya pada pertengahan tahun 2019 dimana seluruh akses kota Jakarta terendam oleh genangan banjir sampai 5 Meter, hal ini disebabkan resapan air di kota Jakarta semakin menipis dan dataran tanah Jakarta semakin tenggelam 1 -2cm meter per tahunnya.

👉 Baca Juga :  Cara Cek Penerima Bansos Program PKH 

Sehingga mempertimbangkan untuk dipindahkannya ibukota Jakarta ke Kalimantan Timur.

4. Peningkatan Jumlah Kendaraan

apakah ibukota indonesia akan pindah
Ilustrasi:shutterstock

Selain hal 3 di atas, Jakarta juga memiliki problem kapasitas kendaraan yang beroperasi meningkat berkali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang ada menjadikan kemacetan yang sangat parah dan itu terjadi setiap harinya, belum ditambah dengan kemacetan pas di hari libur Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun baru.

5. Kontribusi Ekonomi Terhadap PDB

Ibukota Indonesia Harus Dipindahkan
Ilustrasi:shutterstock

Kemudian alasan selanjutnya yaitu kontribusi pendapatan ekonomi bruto Jakarta mempunyai kontribusi 58,50 persen dimana 20,80 persennya kontribusi dari Jabodetabek. (BPS)

Menurut data yang ada, Presiden Jokowi ingin menghapus system Jawasentris yang mana akan memeratan perkembangan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

6. Pemerataan Pembangunan

Pemerintah mengusungkan program untuk melakukan sebuah pergeseran sentral ekonomi yang sebelumnya ada di Jakarta. Sehingga perkembangan ekonomi Indonesia merata dengan tidak memfokuskan lagi di Jawa atau Jakarta nantinya akan menuju Indonesia Sejahtera yang sesungguhnya.

Penutup

Demikian alasan yang menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Indonesia Khususnya Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibukota Indonesia ke Kalimantan Timur. Kita nantikan progress kedepannya mengenai wacana pemindahan ini.