akibat corona Otomotif jarang ditemui

Otomotif dan Tekstil yang paling berat

Masa pandemi corona yang terjadi secara global hingga di Tanah Air atau Negara kita Indonesia berdampak di berbagai sector industry manufaktur dengan skala tekanan yang beragam terutama pada dunia Otomotif dan Tekstil.

Kementerian Perindustrian di Indonesia sudah memetakan mana saja sector industry yang kena dampak akibat covid-19. Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri perindustrian menyampaikan secara umum hampir semua sector industry terkena dampak penyabaran covid-19, sehingga diperlukan perhatian yang lebih.

Untuk itu, Bapak Menteri Perindustrian berharap pada perbankan agar memberikan relaksasi kredit kepada perusahaan yang kasnya negative (-).

Adapun usulan yang lain untuk menenkan dampak corona dalam penundaan pembayaran tagihan listrik selama enam bulan dari april sampai bulan septermber tahun 2020.

Usulan industri juga mengusulkan supaya dapat memberikan jaminan cicilan yang berupa giro mundur selama 12 bulan dan memberikan diskon untuk tarif waktu beban idle dari pukul 22.00 s/d 06.00 sebesar 50%.

Usulan dari industri yang terdampak pandemi seperti industri tekstil memberikan usulan untuk keringangan pembayaran subsidi listrik. Sebab dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengeluh penjualan produk tekstil menurun diakibatkan oleh wabah corona.

akibat corona

Dalam penjualan Industri Tekstil mengalami anjlok sampai 50% seiring banyakn ya pesanan ekspor yang dibatalkan, sementara itu permintaan dalam negeri semakin berkurang karena daya beli masyarakat yang menurun.

Bapak Jenderal Rizal Tanzil sebagai sekertaris jenderal API juga mengatakan bahwa beberapa anggota API sudah mulai menutup pabriknya sesuai dengan anjuran pemerintah.

Sebelum pandemi covid-19 meningkat, industry tekstil khusus di sektor hilir sudah tertekan oleh produk-produk impor. Bahkan impor tekstil jumlahnya lebih besar dari pada ekspor.

Padahal Industri tekstil sebelum pandemi sudah menjadi andalan dan merupakan  salah satu sektor indutri unggulan sebab produksinya sudah masuk di beberapa pasar di dunia.

👉 Baca Juga :  Cara Mudah Membuat NIB Online di OSS  Untuk UMKM 

Sementara itu dari industri otomotif, yaitu dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan masih menghitung dampak pelemahan terhadap penjualan otomotif untuk target penjualan nasional pada tahun ini.

Sebagian dari Agen Pemegang Merek (APM) sebelumnya telah menyatakan dampak karena covid-19 sudah mengakibatkan demand kendaraan menurun. Salah satunya PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebutkan penjualan selama bulan maret 2020 menurun sampai 30% dibandingkan tahun yang lalu.

akibat corona

Jenis kendaraan yang telah disensus yaitu mobil penumpang, truk ringan serta sedang dan berat juga kendaran bus. Beberapa yang tidak termasuk kendaran adalah off road, kendaraan roda tiga lainnya dan sepeda motor.

Padahal, di berbagai Negara Asia dan Afrika penjualan sepeda motor pastinya terus meningkat. Apa sih dampaknya bagi kita semua? Sebagai Negara yang memiliki jumlah populasi penduduk 240 juta (2011), perbandingannya di negara kita Indonesia antara penduduk dan mobil akan menjadi 1 mobil untuk 12 orang.

Asumsi ini tentang populasi mobil pada 2010 menurut Gaikindo sebanyak 19.0946.147 unit plus dengan realisasi penjualan mobil baru di tahun 2011 sekitar 870.00 unit.

Adapun penjualan sepeda motor, apabila diambil dari data BPS tahun 2009 jumlahnya mencapai sekitar 52.433.132 unit. Jika ditambahkan dengan penjualan pada tahun 2010 sekitar 7,4 juta unit, maka dari itu jumlah sepeda motor pada akhir tahun 2011 sebanyak 60 juta unit lebih.

Itu semua artinya perbandingan antara penduduk dengan pemilikan kendaraan bermotor yaitu 1:3 orang. Nah, lantas ruangan kita ada dimana dengan jumlah ledakan kendaraan bermotor yang sudah dipastikan akan tinggal bersama kita?

Bukan itu saja, jika kita ketahui konsumsi BBM di Indonesia pada tahun 2011 sebanyak 41 juta KL per tahunnya, itu berarti sama dengan kita membakar 1.300 liter per detik setiap hari.

👉 Baca Juga :  Vaksin Covid-19 : Memahami Fungsi Kegunaan dan Jenis Vaksin Booster

Dengan itu kita harus menyadari pentingnya menjaga keselamatan dan lingkungan, kompensasi yang harus ditanggung dan sarana penunjang yang harus disiapkan untuk kendaraan serta termasuk apa kebijakan dan regulasinya untuk menangani masalah ini.

Demikian ulasan dari kami, semoga bermanfaat dan tunggu ulasan selanjutnya. Terima kasih.