Motor Listrik harga murah

5 Motor Listrik Yang Akan Launcing Di Indonesia

Motor listrik sekarang mulai memperlihatkan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia dengan teknonologi yang tidak di ragukan lagi. Pada awal tahun ini, motor ramah lingkungan itu kehadiran pemain baru, yakni Electric Vehicle Indonesia (Elvindo). Hadirnya susul merk motor listrik di Indonesia yang lain yang telah di-launching awalnya. Dimulai dari Viar Q1, Selis United, Honda PCX Electric, Gesits, dan EC-GO telah lebih dulu turun ke khalayak.

Teknologi Motor Listrik

Makin bertambahnya merek-merek ini memperlihatkan pertanda jika motor listrik bisa menjadi kendaraan yang hendak gantikan motor konservatif di masa datang. Disamping itu, kehadiran motor listrik kelihatannya lumayan disukai warga Tanah Air. Salah satunya factornya karena sebagai sepeda motor listrik ialah kendaraan ramah lingkungan.

Walau fasilitas infrastruktur simpatisannya belum mencukupi, tetapi tidak membuat beberapa produsen sepeda motor listrik berserah untuk selalu mendatangkannya. Bahkan juga, bermacam sepeda motor listrik datang dengan detail dan feature yang bagus.

Daftar sepeda Motor Listrik di Indonesia yang akan Launcing

Viar Q1

PT Triangel Motorindo (TM) Viar Indonesia ikut mengeluarkan motor listrik yang dipandang lumayan menarik perhatian beberapa calon customer. Motor yang Dinamakan Viar Q1, motor listrik ini sah dikeluarkan di Indonesia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 kemarin. Disamping itu, Viar Q1 sebagai hasil kerjasama di antara Viar dengan Bosch, merk otomotif asal Jerman.

Berlainan dengan angkatan awalnya, Viar Q1 terkini sudah diberi battery dengan kualitas yang lebih bagus, yakni 2 buah battery Lithium Ion dengan kemampuan masing-masing sejumlah 60V 23Ah. Dua battery itu di-claim sanggup bertahan sampai jarak menempuh 120 km atau 2x lipat dari Viar Q1 mode pertama.

Disamping itu, motor listrik ini di-claim bisa dibawa berkendaraan sepanjang 70 km bila keadaan batterynya penuh. Untuk pengisian daya batterynya, disiapkan dua opsi yakni swapping battery dan pengisian ulangi biasa.

👉 Baca Juga :  Cara Mengantisipasi Kerusakan Pada Shockbreaker Motor dan Tips Merawatnya Agar Tetap Awet

Tak perlu cemas bila battery mendadak habis di tengah-tengah jalan. Viar Q1 mempunyai battery cadangan yang dapat ditempatkan di bagasinya untuk gantikan battery yang habis energinya. Perlu waktu sekitaran lima jam untuk isi daya battery motor listrik ini.

Untuk pendorongnya sendiri, Viar Q1 memakai type BLDC dari BOSCH yang bisa keluarkan tenaga sejumlah 800 watt.

Selis E-Max

Kalau dengar nama Selis, tentu terpikir sebuah sepeda yang mempunyai tenaga listrik dan kerap dipakai di lingkungan rumah. Selis rupanya memproduksi motor dengan daya listrik, satu diantaranya Selis E-Max.

Motor listrik ini ditujukan untuk digunakan di sekitar lingkungan rumah atau jarak yang tidak begitu jauh. Jarak menempuh maksimumnya cuman 40 km dengan kecepatan paling tinggi 50 km/jam. Motor pendorongnya sendiri mempunyai kekuatan sejumlah 1.200 watt.

Selis E-Max ini sudah diberi battery dengan detail 60 volt 20 ampere. Untuk pengisian daya battery, perlu waktu sekitaran 4-6 jam. perawatannya pun sangat mudah

Honda PCX Electric

Honda PCX Electric merupakan salah satu motor hasil produksi PT Honda Astra Motor (AHM) yang sudah diberi 2 battery lithium-ion dengan masing-masing memiliki 50,4V. Dengan battery itu PCX Elecric sanggup hasilkan tenaga sejumlah 4,2 kW pada 5.500 Rpm dengan daya menempuh 69 km dengan kecepatan rerata 40 km/jam bila battery penuh. Mekanisme pengisiannya juga dapat dilaksanakan dengan 2 langkah, yakni tusuk ke setop contact yang memerlukan waktu pengisian 6 jam (dari kosong sampai penuh) dan swap sistem.

Dari sisi design, penampilannya kelihatan sama dengan PCX standard. Tetapi, sisi belakangnya mempunyai penampilan yang sedikit berlainan. Ada dialek biru di sejumlah tempat body. Disamping itu, lampu khusus, sein, daytime running light, dan setop lamp-nya juga telah memakai tehnologi LED.

Gesits

Sepeda Gesits merupakan salah satu project kerjasama di antara Garasindo dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS). Beritanya, Gesits telah dibuat pada 2018 dan telah melalui proses peningkatan semenjak 2015. Selanjutnya, pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, motor listrik ini pada akhirnya sah dikeluarkan.

👉 Baca Juga :  6 Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Ide bentuknya, Gesits kelihatan hampir sama dengan design motor matik yang dengan bahan bakar bensin, bahkan juga seperti Vario 125. Dari sisi depannya, kelihatan design meruncing dengan lampu khusus HID Proyekion berteknologi LED yang dibuat sipit dan Day Running Light (DRL) pada segi kiri dan kanannya.

Gesits diberi battery Lithium Ion NMC (nickel-manganese-cobalt) yang mempunyai detail 72V 20 A. Bila keadaan batterynya penuh, motor dapat jalan sepanjang 70 km.

EC-GO2

Sepeda ini merupakan salah satu kendaraan yang diusung oleh PT Green City Trafik (GCT). EC-GO2 di-claim bisa dipacu sampai 70 km/jam. Disamping itu, batterynya sendiri dapat menempuh jarak paling jauh sampai 80 km dalam sekali isi. Di lain sisi,  ini bisa melalui kubangan air dengan tinggi 30 cm.

Faksi GCT sudah memasangkan sejumlah fitur terbaru pada motor listriknya. Sebutlah saja misalkan GPS dan program pada handphone yang bisa memantau info sepeda motor mengenai battery, temperatur kendaraan, lokasi GPS, kecepatan, dan data lokasi charging battery di luar yang telah tersambung dengan BMS (Baterai Manajemen Sistem).