Ide Bisnis

Ide Bisnis Menjadi Sub Agen LPG, Banyak Untungnya !

Ide Bisnis Menjadi Sub Agen LPG, Banyak Untungnya, Permasalahan bisnis yang tak kunjung selesai, ada saja ide-ide bisnis yang bisa menjadikan kantong kita akan tetap terisi walaupun dengan menunggu waktu yang lama.

Namun kali ini akan kita bahas mengenai bisnis ayng sangat berpotensi sangat menguntungkan bagi penggelutnya. Berbisnis sub agen gas elpiji termasuk dalam kategori yang lumayan menguntungkan jika pelaku bsinsinya kompeten dalam berbisnis.

Ide Bisnis Agen LPG Terbaru Modal Minim

Semua pasti sudah tak asing lagi dengan gas elpiji, bahkan sekarang setiap anggota per keluarga di Indonesia rata-rata sudah menggunakan gas elpiji sebagai sarana dalam memasak, selain ukurannya yang dianggap lebih fleksibel dan pas sehingga tidak makan tempat yang luas, harganya pun bersahabat dan terjangkau.

Ide Bisnis Menjadi Sub Agen Gas LPG

Mengingat, tingginya kebutuhan masyarakat terutama ibu-ibu dalam memnggunakan gas elpiji ini maka ini sangat bisa dijadikan peluang usaha yang berpotensi membuat untung besar, tapi sebagian besar dari kalian pasti ada yang menanyakan bagaimana caranya kita untuk menjadi agen suplyer gas elpiji ? tenang saja di artikel ini akan kita bahas dan kulik semuanya mengenai cara dalam menjadi sub agen gas elpiji, simak penjelasannya yaaa !

Alur Pendistribusia Tabung Gas Lpg

Tahukan kalian, kalau bisnis menjadi sub agen elpiji mempunya potensi prospek yang sangat menjanjikan ? harga gas elpiji akan cenderung meningkat karena gas merupakan sumber daya alam yang tidak bisa dibuat secara manual, sehingga gas akan terus diminati oleh setiap kalangan masyarakat.

👉 Baca Juga :  Ide Bisnis Yang Cepat Menghasilkan Uang di Tahun ini

Jika permintaan pasar semakin meninggkat dan meninggi dan kesediaan stok produk tidak mencukupi maka otomatis harga produk akan menaik dengan sendirinya, jika permintaan pasar stabil dan dan ketersediaan stok juga mencukupi, harga akan stabil di angka pertamayang telah disesuaikan dengan HET pemerintah.

Tabung gas lpg 3 kg mulai di distrusika melalui Depot LPG. Lalu jalur pendistribusian selanjutnya adalah SPBE (Stasiun Pengisian Bulk LPG). SPBU langsung dikelola oleh Pertamina dan juga pihak swasta.

Kemudian, Pendistribusian Gas elpiji disalurkan oleh agen lpg kepada ke sub agen gas elpiji atau outlet yang identing dengan kata pengecer, warung dan kepada konsumen secara langsung. Alur yang lumayan panjang untuk pendistribusiannya.

Prospek dan Potensi Keuntungan

Prospek yang bisa didapatkan dengan usaha menjadi sub agen ini lumayan dan bisa untung besar loh, karena gas elpiji merupakan bahan bakar alam yang sudah menjadi kebutuhan setiap keluarga dan rata-rata keluarga di Indonesia sudah berpindah menggunakan gas elpiji, sehingga menimbulkan perputaran uang yang cepat.

Cara Daftar Sub Agen Gas Lpg 3 Kg

Ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk memulai usaha menjadi sub agen gas lpg ini, yaitu :

  1. Mengajukan Permohonan Menjadi Agen

Langkah pertama dalam memulai bisnis agen gas elpiji yaitu kalian harus mengajukan surat permohonan kepada agen gas elpiji terdekat, sehingga mendapat informasi yang lebih lengkap dan akan dibantu oleh agen gas elpiji daerah tersebut

  1. Menyiapkan Dokumen Pendaftaran

Dalam bisnis ini serupa dengan system frenchise yang mana peraturan hak cipta sudah terdaftar dalam hokum dan bisa menjadi mitra dengan jalur hokum juga, kalian hanya perlu menyiapkan kelengkapan dokumen identitas seperti KTP, KK, NIB atau SKU dari kelurahan setempat.

  1. Kendaraan Angkut Gas Sesuai Standar

Ketentuan selanjutnya yaitu kalian harus sudah emnyiapkan tempat yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan dan akses pengangkutan yang mudah untuk kendaraan besar dalam pendisitribusiannya.

👉 Baca Juga :  4 Cara Menyusun Marketing Plan yang Simpel, Lebih Terarah!

Karena dalam hal ini ada ketentuan yang sudah ditetapkan oleh PT Pertamina Gas terkait Lokasi dan tempat dari segi Ukuran dan luasnya.

  1. Mendatangi Tempat Agen Resmi

Jika ketiga syarat yang diatas sudah terpenuhi semua, maka langkah selanjutnya kalian harus mendatangi kantor agen resmi dengan tujuan untuk mengajukan pendaftaran sebagai sub agen gas elpiji untuk dilegalkan pendistribusian yang nanti kalian akan jual.

Kemudian kalian diharuskan mengisi format pendaftaran yang telah disiapkan oleh agen resmi. Perlu diingat ! diperbolehkannya menjadi sub agen ini jika kuota sub agen masih tersedia maka kalian bisa menjadi sub agen, jika sudah penuh kuotanya maka kalian tidak bisa menjadi sub agen gas elpiji. karena memang peraturan kuota ini sangat ketat dan tidak sembarangan.

  1. Agen Resmi Akan Melakukan Survey Lokasi

Jika pengajuan permohonan usaha sub agen sudah diterima oleh agen resmi, selanjutnya aka nada petugas resmi yang diutus untuk menyurvey lokasi yang telah kalian siapkan untuk penyimpanan gas elpiji yang sudah sesuai dengan ketentuan PT Pertamina Gas, jika sudah diizinkan nantinya akn ada petugas yang mendisitribusikan gas ke lokasi dan kalian sudah bisa menjualnya kepada masyarakat.

Modal Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3kg

Jika konsep sub agen gas elpijikalian masih tergolong kecil, jangan khawatir ! dengan modal 1 juta saja kalian sudah bisa menjadi sub agen skala pemasaran kecil dengan rincian :

Anda akan mendapatkan Tabung Elpiji+isi dengan harga RP 175.500 X 6 = Rp 945.000 dengan prospek keuntungan Rp 4000/tabung

Namun jika kalian mempunya modal yang lebih, maka keuntungan yang bisa kalian dapatkan lebih besar dan lebih banyak dengan melihat prospek penjualan yang kalian lakukan. Namun, dalam hal ini perizinan yang dilakukan lebih ribet karena menyangkut dengan kelegalan penjualan gas elpiji. dalam hal ini ada beberapa variable yang perlu kalian perhatikan untuk bisa mebuka atau menjadi sub agen yang besar diantaranya :

  1. Modal Awal Tabung Gas

Kalian diharuskan untuk membeli minimal 200 tabung gas elpiji ukuran 3kg sebagai modal awalnya, artinya kalian harus menyiapkan modal Rp 157.500 x 200 = Rp 31.500.000 Juta untuk membeli tabung gas dengan isinya. Bisa kalian jual dengan melihat stok yang tersedia di gerai kalian, atau jika tidak, bisa kalian sisakan untuk stok selanjutnya.

  1. Tempat Usaha Sesuai Ketentuan Pertamina

Selain Modal yang pertama, kalian juga harus menyiapkan tempat yang layak untuk penyimpanan gas elpiji dengan jumlah yang lumayan banyak dan dapat diakses untuk pengangkutan gas dari agen resminya, sehingga kalian perlu merogoh kocek kembali untuk menyewa tempat atau membangun tempatnya, jika kaian sudah mempunyai tempat yang layak maka bisa ditempatkan dan disimpan di tempat tersebut.

  1. Persiapan Dana Usaha Cadangan

Jika kalian mempunyai dana cadangan yang lebih, bisa diinvestasikan juga melalui pembelian gas elpiji kembali guna menambah ketersediaan stok yang kalian punya.

👉 Baca Juga :  Panduan dan Cara Bisnis Ikan Cupang, Bikin Untung Besar

Demikian ulasan mengenai ide usaha dengan menjadi sub agen gas elpiji yang berpotensi untuk memiliki prospek dan keuntungan yang besar, semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mencari bisnis dengan modal menengah bisa menguntungkan.