Cara Menghapus Cache di Android Agar Tidak Lemot

Cara Menghapus Cache di Android – Ruang penyimpanan yang terbatas pada smartphone Android Anda dapat terisi dengan cepat. Dan salah satu penyebab yang mudah diabaikan adalah informasi tersimpan yang dibuat aplikasi secara teratur untuk bekerja sebaik mungkin.

File data sementara ini disebut cache; sebagian besar ruang penyimpanan ponsel Android Anda dapat diisi dengan file cache.

Apa itu data cache?

Ponsel cerdas Anda menggunakan data sementara yang disimpan dalam file cache untuk memanggil kembali informasi terkait dengan cepat saat Anda membuka aplikasi. Misalnya, Spotify dapat menyimpan daftar putar yang paling sering Anda gunakan sehingga

Anda tidak perlu memuat seluruh daftar putar setiap kali Anda membukanya. Google Chrome dapat menyimpan gambar berukuran besar di situs web yang Anda kunjungi secara rutin, sehingga tidak perlu mengunduh gambar setiap kali Anda membuka halaman.

File cache hanya berguna untuk aplikasi Tertentu saja ; Spotify dan Instagram tidak menggunakan cache misalnya. Dalam banyak kasus, setelah aplikasi memutuskan bahwa informasi sementara yang disimpan tidak lagi berguna, itu akan menghapus file cache yang terkait.  aplikasi,dan game semuanya menggunakan file cache untuk memperlancar android

Cache tidak hanya digunakan oleh ponsel cerdas Android Anda, tetapi juga merupakan fitur browser desktop dan perangkat lunak lainnya.

Cara menghapus cache di perangkat Android

Pada Android Anda perlu menghapus file cache satu per satu. Perhatikan bahwa Anda jarang perlu menghapus seluruh cache di perangkat Anda. Dalam kebanyakan kasus, membersihkan cache dari beberapa aplikasi bermasalah dapat memecahkan masalah penyimpanan atau kinerja.

Cara menghapus data cache untuk aplikasi di Android. Kami menggunakan Android untuk instruksi ini; perangkat Anda mungkin terlihat sedikit berbeda atau menggunakan nama menu yang berbeda.

👉 Baca Juga :  Cara Download Video Facebook Tanpa Bantuan Aplikasi

1. Buka Pengaturan dan pilih Penyimpanan.

2. Di daftar yang dihasilkan, ketuk entri Aplikasi. Ini akan membawa Anda ke daftar semua aplikasi yang diinstal pada ponsel cerdas Anda.

Cara menghapus cache di perangkat Android

Dalam jangka pendek, mengosongkan cache akan menghemat ruang penyimpanan di ponsel cerdas Anda. Tapi ini adalah solusi sementara, karena file cache baru dibuat setiap saat saat Anda menggunakan aplikasi.

Jika perangkat Anda kehabisan banyak ruang sehingga Anda perlu mengosongkan cache secara teratur, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke ponsel cerdas baru.

Terkadang, file cache lama bisa rusak. Ketika ini terjadi, aplikasi dapat mengalami masalah kinerja. Menghapus file cache yang buruk dapat mengatasi masalah ini.

File cache tidak mengancam keamanan dan privasi di HP anda Jika orang yang tidak berwenang mengakses file-file ini, mereka mungkin dapat menggunakannya untuk mendapatkan informasi pribadi.

Jika browser atau aplikasi lain menolak untuk mengambil versi halaman terbaru, mengosongkan cache dapat memaksanya untuk diperbarui.

Cara menghapus cache di perangkat Android

Haruskah Anda menghapus cache secara teratur?

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat mengosongkan cache, Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus menghapus cache secara manual sesuai jadwal. Tapi ini sebenarnya kontraproduktif. Ingat bahwa file cache digunakan untuk mempercepat akses ke konten yang Anda gunakan secara teratur.

Semua Android sudah memiliki bawaan untuk menghapus file yang sudah tidak digunakan lagi, dan berfungsi dengan baik dalam banyak kasus. Peluang utama untuk menghapus file cache secara manual terjadi ketika:

File cache aplikasi rusak, menyebabkan aplikasi berperilaku buruk.

Hapus file yang berisi info pribadi untuk melindungi privacy Anda.

Anda kehabisan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Anda dan tidak ingin menghapus video, foto, dan aplikasi Anda.

👉 Baca Juga :  4 Cara Memperbaiki HP Mati Sendiri Dan Sering Restart

Haruskah saya menggunakan aplikasi Pembersih Android?

Ada banyak aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat menghapus foto, video, dan file cache yang tidak digunakan dengan cepat dan aman dari ponsel cerdas Anda. Walau kadang bisa memberi layanan yang berguna, aplikasi ini biasanya tidak layak digunakan karena beberapa alasan:

Mereka sering membuat klaim palsu, seperti menghapus file cache akan meningkatkan kecepatan ponsel cerdas Anda secara dramatis.

Aplikasi menghabiskan lebih banyak ruang di ponsel cerdas Anda dan bahkan dapat memperlambat kinerja dengan terus berjalan di latar belakang.

Seringkali, mereka penuh dengan spam dan pembelian dalam aplikasi.

Hati-hati jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pembersih Android. Jika memungkinkan, hindari mereka sepenuhnya. Sebagian besar smartphone Android sudah memiliki semacam penyimpanan pintar yang menghapus file lama, membuat aplikasi pihak ketiga tidak berguna untuk tujuan ini.

Hapus cache di Android dengan cepat dan mudah

Menghapus file cache yang tak dipakai di Android yaitu trik yang patut buat mengosongkan ruang sementara serta berguna waktu memecahkan persoalan aplikasi. Namun itu bukan suatu yang wajib sering Anda lakukan,

Jika Anda juga memiliki pertanyaan atau saran, beri tahu kami di komentar. Juga, periksa panduan ini jika Anda ingin mempelajari caranya

Pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus.  ketuk titik tiga di sudut kanan atas lalu pilih Urutkan berdasarkan Kami akan menggunakan Chrome sebagai contoh.

Pada halaman informasi aplikasi, ketuk opsi Empty Cache.

Itu saja yang dibutuhkan untuk hapus file cache dari aplikasi apa pun di Android . Ingatlah jika Anda mengetok Hapus Penyimpanan, Anda akan hapus semua data dari aplikasi.  pada intinya atur ulang ke kondisi baru, seakan-akan Anda barusan menginstal dari Play Store. Kerjakan ini cuman bila aplikasi memiliki masalah.

👉 Baca Juga :  √Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android Tanpa Aplikasi

Versi Android yang lebih lama menawarkan Anda kemampuan untuk menghapus semua file yang di-cache sekaligus dengan membuka

Pengaturan > Penyimpanan  > Aplikasi > Bersihkan Cache

Dari sana, cukup tekan OK ketika Anda melihat opsi untuk menghapus semua file yang di-cache.

Sayangnya, tidak ada cara bawaan untuk menghapus semua cache di Android versi modern, jadi Anda harus mengulangi langkah di atas untuk menghapus cache beberapa aplikasi.

Apa yang terjadi setelah membersihkan cache Android?

Setelah membersihkan file yang di-cache, Anda akan mendapatkan kembali beberapa ruang penyimpanan dan aplikasi akan terus bekerja secara normal. Namun, karena Anda telah menghapus data yang digunakan untuk kinerja yang optimal, beberapa item (seperti yang disebutkan di atas) akan dimuat lebih lambat saat Anda menggunakan aplikasi lagi.

Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika Anda menghapus cache, itu akhirnya kembali. Ini normal; seiring waktu, aplikasi akan di-cache ulang berdasarkan penggunaan Anda. Karena caching berguna, Anda tidak perlu khawatir ketika aplikasi membuat file yang di-cache.

Membersihkan cache tidak memutus Anda dari aplikasi atau mengakibatkan perubahan besar lainnya. Anda tidak kehilangan data seperti perkembangan games, bookmark browser, atau semacamnya.

Keuntungan menghapus cache di Android

File cache itu wajib dan Anda umumnya tak perlu mengatasinya. Tetapi, kadang hapus file cache dengan manual dari handphone Android Anda bermanfaat.