BISNIS IKAN CUPANG MENGUNTUNGKAN

Panduan dan Cara Bisnis Ikan Cupang, Bikin Untung Besar

Panduan dan Cara Bisnis Ikan Cupang – Memulai bisnis tentu tidak boleh dilakukan sembarangan, salah satunya adalah bisnis ikan cupang. Cara bisnis ikan cupang belakangan cukup menjanjikan, inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mencoba bisnis ini.

Ada alasan kenapa ikan cupang yang dipilih, bukan jenis ikan yang lain. Di pasaran, ikan cupang memiliki harga yang cukup terjangkau, beberapa memang memiliki harga yang tinggi. Penggemar ikan cupang juga masih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan hias yang lain. Jika melihat pangsa pasar, bisnis ini memang cukup menguntungkan.

4 Cara Memulai Bisnis Ikan Cupang

CARA MERAWAT IKAN CUPANG YANG BENAR
Ilustrasi:shutterstock

1. Siapkan Budget

Untuk memulai bisnis ikan cupang, budget yang Anda keluarkan tidak terlalu besar. Ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan, diantaranya akuarium, pakan ikan cupang,bibit ikan cupang, hingga alat tambahan yang diperlukan untuk kelangsungan hidup ikan cupang.

2. Pilih Bibit yang Berkualitas

Jika Anda ingin mendapatkan ikan cupang yang sehat dan memiliki warna cantik, usahakan untuk memilih bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas bisa didapatkan dengan melakukan pembelian di peternak ikan cupang atau pemasok. Nanti setelah bibit yang Anda beli besar, Anda bisa melakukan pemijahan.

3. Pahami Ikan Cupang

Ikan cupang tidak begitu sulit untuk dipelihara dan dirawat. Anda bisa menjual ikan cupang dalam bentuk anakan atau indukan, bisa juga dijual sebagai ikan hias. Agar ikan tidak mudah sakit, siapkan ruang yang kondusif untuk tumbuh kembang ikan cupang.

4. Lakukan Pemijahan

Jika Anda tertarik untuk melakukan budidaya ikan cupang, ada baiknya Anda juga tahu bagaimana melakukan pemijahan. Pemijahan dilakukan ketika ikan cupang sudah dewasa. Dalam satu kali pembuahan, hanya sekitar 30 sampai 50 bibit ikan cupang yang nantinya akan Anda dapatkan.

👉 Baca Juga :  Cara Dapat Uang Dari Internet Nyaris Tanpa Modal 

Jika mengalami kesulitan dalam melakukan budidaya ikan cupang, Anda bisa bertanya kepada teman atau kolega yang sudah berpengalaman dalam budidaya ikan cupang.

Meski sederhana, namun 4  cara diatas akan membantu Anda yang tertarik untuk memulai bisnis ini dan bisa dijadikan sebuah peluang usaha. Keuntungan yang didapatkan memang tidak terlalu besar, namun jika ditekuni lebih lanjut, bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan.