cara menyusun rencana strategi marketing agar jualan laku keras

Begini Cara Menyusun Marketing Plan Bisnis Online, Mudah

Cara Menyusun Marketing Plan Bisnis Online – Marketing plan merupakan aspek yang penting jika ingin mengembangkan bisnis secara daring. Cara menyusun marketing plan bisnis online juga tidak bisa dilakukan sembarangan, sebab akan mempengaruhi jalannya kerja dan pengelolaan bisnis Anda.

STRATEGI MARKETING YANG AMPUH UNTUK JUALAN ONLINE
Ilustrasi:shutterstock

Agar tidak terjadi kesalahan selama menyusun marketing plan, ada baiknya Anda mengikuti panduan berikut ini, diantaranya:

Menentukan Target Pasar

Target pasar merupakan hal yang penting untuk diketahui dan ditentukan. Dengan mengetahui target pasar, Anda bisa lebih fokus dalam memasarkan produk dan mengembangkan usaha yang dimiliki. Kumpulkan data sebanyak mungkin terkait calon pembeli potensial yang akan menjadi target pasar Anda.

Buat Strategi Konten yang Akan Dibuat

Konten menjadi hal yang penting untuk bisnis yang dikelola secara daring. Dengan konten, calon pembeli tahu produk atau jasa yang Anda jual. Mereka juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap, sehingga tertarik untuk melakukan pembelian. Anda bisa menentukan konten seperti apa yang ingin dibuat dan platform apa yang ingin dipakai.

Tetapkan Anggaran

Selanjutnya adalah menentapkan anggaran, anggaran ini tidak hanya untuk proses produksi dan distribusi produk saja, namun juga anggaran untuk melakukan iklan dan marketing. Agar biaya tidak membengkak, pastikan Anda mengecek kembali rancangan pengeluaran.

Manfaatkan Marketing Tools

Saat ini sudah banyak aplikasi yang akan membantu Anda mengatur dan mengelola marketing plan. Ada pula aplikasi yang akan memudahkan Anda membuat konten marketing, dari Trello, Canva, hingga Mailchimp.

Lakukan Pekerjaan yang Penting

Buat to do list mana pekerjaan yang harus Anda lakukan dan mana yang tidak. Ini akan membuat Anda fokus untuk mengerjakan kegiatan dan hal-hal yang penting untuk pengembangan bisnis. Jika sudah memiliki karyawan, jangan ragu untuk mengajak mereka berdiskusi atau brainstorming.

Dengan 5 cara menyusun marketing plan bisnis online diatas, tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Jangan lupa untuk tetap melakukan manajerial di bidang keuangan agar uang pribadi dan uang bisnis tetap terpisah. Ini akan memudahkan Anda membuat laporan keuangan atau pengelolaan modal.

👉 Baca Juga :  4 Cara Sukses Usaha Jual Beli Barang Bekas, Ternyata Gampang