ide bisnis ekspedisi kecil kecilan

4 Cara Melakukan Usaha Jasa Kurir, Bikin Untung

Cara Melakukan Usaha Jasa Kurir – Peluang membuka usaha kurir makin tinggi dan diniminati, ini karena banyak orang tertarik untuk melakukan jual beli barang secara daring. Cara memulai usaha  sebenarnya tidak sulit, Anda bisa mengikuti panduan berikut jika tertarik dengan bisnis yang satu ini.

Panduan Memulai Usaha Jasa Kurir

ide bisnis jasa kurir
Ilustrasi:shutterstock

1. Hitung Modal yang Diperlukan

Sebelum memulai usaha , tentunya Anda harus menghitung modal yang diperlukan. Ada beberapa biaya yang harus Anda persiapkan, diantaranya sewa lokasi, pembelian alat transportasi, hingga pembelian timbangan untuk paket.

Biaya lain yang Anda butuhkan diantaranya peralatan resepsionis, seperti meja, kursi dan rak. Jangan lupa, Anda juga harus membuat surat izin usaha pengiriman barang agar usaha yang Anda lakukan legal di mata hukum.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Memilih lokasi yang strategis menjadi kunci untuk menjalankan dengan lebih mudah. Makin banyak cabang yang dibuka, tentu makin mudah pelanggan menggunakan jasa kurir yang sudah Anda buat. Untuk menentukan lokasi usaha, modal usaha ekspedisi tentu harus dipertimbangkan dengan matang.

3. Tentukan Jenis Pelayanan

Setelah semua peralatan dan perlengakapan siap, tentukan jenis pelayanan yang ingin Anda berikan kepada masyarakat. Masing-masing jasa kurir dan ekspedisi memiliki jenis pelayanan yang berbeda.

Namun biasanya jenis pelayanan ini terbagi dalam beberapa model yang sama, misalnya pengiriman kilat atau satu hari, pengiriman regular dan pengiriman ke luar negeri. Ini merupakan cara membuat usaha pengiriman barang yang harus Anda pertimbangkan dengan baik.

4. Promosi

Anda juga harus melakukan promosi untuk menarik pelanggan menggunakan jasa kurir yang Anda buat. Promosi bisa dilakukan di berbagai platform, namun media sosial menjadi pilihan yang paling tepat karena jumlah pengguna yang tinggi. Sertakan promo dan diskon di awal pembukaan agar lebih mudah menarik pelanggan.

👉 Baca Juga :  Panduan dan Cara Bisnis Ikan Cupang, Bikin Untung Besar

Itulah empat cara melakukan usaha jasa kurir yang bisa Anda coba. Usaha jasa kurir dan ekspedisi memang membutuhkan modal yang tinggi, apalagi jika Anda menjangkau pengiriman luar negeri. Namun jangan risau, keuntungan yang Anda dapatkan juga tidak kalah tinggi.