Ciri-ciri jualan online yang menipu pelanggannya

5 Cara Belanja Online Agar Tidak Tertipu di E-Commerce, Lebih Aman

Cara Belanja Online Agar Tidak Tertipu – kini makin mudah dilakukan, apalagi dengan banyaknya platform yang menyediakan layanan tersebut.

Namun Anda harus tahu cara belanja online agar tidak tertipu, sehingga tidak rugi secara materiil. Belakangan banyak ditemukan penipuan yang berkedok belanja daring.

Agar terhindar dari penipuan, berikut ini adalah tips dan cara belanja online yang baik dan benar. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Cara Belanja Online yang Benar

cara cegah penipuan di jual beli online
Ilustrasi:shutterstock
  • Verifikasi E-Commerce

Sebelum melakukan pembelian, cek e-commerce yang Anda gunakan, apakah sudah terverifiki atau belum. Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam mengakses link, baik dari email, SMS atau broadcast whatsapp . Dikhawatirkan link tersebut merupakan link scam yang nantinya akan mengambil keutungan atas akses yang dilakukan.

  • Cari Tahu Reputasi Penjual

Melihat reputasi penjual menjadi hal yang penting untuk dilakukan, ini akan memberikan gambaran bagaimana pelayanan yang dilakukan oleh mereka. Perhatikan toko tersebut, apakah aktif atau tidak aktif, lihat pula bagaimana testimony yang diberikan. Jika testimony kebanyakan negative, pilih toko lain.

  • Harga yang Ditawarkan

Perhatikan harga yang ditawarkan oleh toko tersebut, apakah masuk akal? Cara menghindari penipuan online cukup mudah dilakukan. Jika harganya terlalu murah dari harga pasar, sebaiknya urungkan niat Anda membeli di toko tersebut. Harga yang terlalu murah biasanya merupakan barang second atau tidak ori.

  • Baca Deksripsi Produk

Anda juga bisa membaca deskripsi produk yang ada, apakah memang sudah sesuai dengan barang yang akan Anda pesan. Sesuaikan judul dengan halaman produk, deskripsi dan spesifikasi barang yang Anda beli. Jangan sampai Anda membeli barang yang deskripsinya berbeda.

  • Perhatikan Rating

Tips aman belanja online yang terakhir adalah memperhatikan rating toko, usahakan memilih rating yang bagus. Rating yang bagus memberikan indikasi bahwa pelayanannya baik, barang yang dijual asli dan bukan penipuan.

👉 Baca Juga :  Cara Membuat Reels Instagram Mode Estetik Terbaik dengan Cepat

Itulah cara belanja online agar tidak tertipu yang bisa Anda lakukan. harus hati-hati sebaiknya gunakan platform yang sudah terpercaya untuk menghindari penipuan