Marketing Plan

4 Cara Menyusun Marketing Plan yang Simpel, Lebih Terarah!

Cara Menyusun Marketing Plan – Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus memiliki strategi dan rencana pemasaran yang baik. Cara menyusun marketing plan untuk bisnis tidak sulit dilakukan. Apalagi pembuatan marketing plan akan membuat bisnis yang Anda kembangkan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Marketing plan tidak memiliki aturan khusus, Anda bisa membuatnya sesuai jenis bisnis yang Anda miliki.

Cara Menyusun Marketing Plan

Ada 4 cara mudah untuk Anda yang ingin menyusun rencana pemasaran atau marketing di bisnis yang Anda kembangkan, beberapa diantaranya adalah:

Lakukan Analisis

Cara pertama yang bisa Anda lakukana dalah melakukan analisis situasi bisnis Anda. Salah satu analisis yang sering direkomendasikan untuk bisnis adalah analisis SWOT. Dengan analisis SWOT, Anda bisa melihat permasalahan yang mungkin muncul di pasar, melihat kelemahan dan kekuatan bisnis yang dimiliki, serta mengetahui target pemasaran.

Tuliskan Target Pemasaran

Agar Anda tahu apa saja goal  yang perlu diraih, ada baiknya Anda menuliskan target apa yang ingin didapatkan dari pemasaran yang dilakukan. Tulis semua target, akan lebih baik jika dilakukan per kategori, misalnya target bulan ini, 3 bulan ke depan atau tahun depan. Tuliskan taget yang spesifik, terukur dan bisa tercapai.

Tetapkan Anggaran Pemasaran

Untuk melakukan marketing atau promosi, Anda tentu membutuhkan biaya. Biaya ini bisa saja biaya pembuatan konten, transportasi ataupun biaya tambahan lain. Pastikan Anda memiliki anggaran khusus untuk melakukan promosi atau marketing, sehingga tidak membebani aspek lain dalam perusahaan, misalnya produksi atau distribusi.

Lakukan Evaluasi

Setelah menjalankan strategi tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi pada akhir bulan atau akhir tahun. Lihat apakah rencana yang Anda buat berjalan dengan baik, apa saja perubahan yang sudah terjadi, berapa dana yang sudah dihabiskan, dan aspek mana yang harus diperbaiki. Dengan melakukan evaluasi, marketing plan ke depannya bisa dilakukan dengan lebih baik.

👉 Baca Juga :  6 Situs Penghasil Uang Tanpa Modal Terpercaya Dan Tercepat

Cara menyusun marketing plan memang susah susah gampang, namun dengan melakukannya perkembangan bisnis bisa berjalan dengan lebih baik. Anda sebagai pemilik dan pengelola bisa tahu seluk beluk bisnis yang sedang Anda kembangkan. Marketing plan juga akan membantu Anda dalam mengalahkan competitor lawan secara sehat.