Motor Vespa Matic
Ilustrasi Gambar:Unsplash

Cara Merawat Motor Vespa Matic yang Harus Anda terapkan! 

Cara Merawat Motor Vespa Matic – Memiliki kendaraan baik motor atau mobil, tentunya sebagai pemilik Anda harus siap sedia untuk melakukan perawatan berkala jika ingin berkendara dengan nyaman dan aman. Baik itu mobil, motor bebek, motor matic dan motor vespa matic Semua jenis kendaraan sepeda dua tersebut harus dengan perawatan rutin agar tetap nyaman digunakan dan tahan lama. 

Nah, buat Anda yang punya motor vespa matic, tentunya perawatan motor yang memiliki sedikit perbedaan dari cara merawat sepeda motor dengan umumnya. Bahkan komponen yang harus dirawat pun harus berkala, agar motor vespa matic tetap sehat dan awet. Berikut dibawah ini Cara Merawat Motor Vespa Matic yang Harus Anda lakukan!Agar vespa kesayangan tetap awet dan nyaman digunakan. 

Merawat Motor Vespa Matic yang Benar 

Merawat Motor Vespa Matic
Ilustrasi Gambar:Unsplash

Untuk Anda yang memiliki kendaraan bermotor seperti Vespa Matic tentunya harus melakukan berbagai perawatan yang tepat dan baik.Karena aktivitas yang padat dan harus berada di sana menggunakan kendaraan kesayangan, sebagai bentuk kasih sayang kepada alat transportasi andalan, Anda pun perlu memberikan perawatan yang maksimal dengan cara-cara berikut ini: 

  • Pakai Bahan Bakar Yang Berkualitas 

Vespa Matic sengaja dibuat khusus dengan konsumsi bahan bakar oktan tinggi, dan setidaknya diatas RON 90. Di tanah air sendiri, Anda dapat menggunakan Pertamax dengan memiliki RON 92, Pertamax Turbo RON 98 atau bisa juga menggunakan Shell Power 95.

Adapun keuntungan dari menggunakan bahan bakar jeni oktan, yakni pada proses pembakarannya dapat lebih maksimal, sehingga tidak akan meninggalkan bekas seperti kotoran yang membandel di selang bensin. Hal ini tentunya akan memberikan perlindungan mesin dan tarikannya akan tetap nyaman. 

  • Keluarkan Aki Jika Motor Tidak Digunakan di Rentang Waktu Lama 
👉 Baca Juga :  BMW Luncurkan Mesin V12 Terakhir Dengan Seri 7

Jika Anda memiliki aktivitas lain dan tidak perlu menggunakan motor andal untuk kesana kemari, ada baiknya Anda mengeluarkan aki Vespa tersebut jika dalam waktu 1 bulan lebih motor tersebut tidak akan digunakan. Cara yang satu ini merupakan cara yang tepat untuk melindungi aki dan menghemat aki, pasalnya aliran listrik dari aki akan terhenti. 

  • Panaskan Mesin Vespa Secara Rutin 

Langkah selanjutnya guna perawatan pada vespa matic adalah, dengan memberikan pemanasan pada Vespa selama 5 menit di setiap harinya. Hal ini bertujuan agar mesin terus terlumasi dengan sempurna, dengan kinerja mesin pun tetap maksimal kapanpun dibutuhkan. Dan proses pemanasan ini pun dapat memberikan perlindungan terhadap oli, sehingga oli dapat bersirkulasi dan menjadikan mesin terhindar dari proses pengaratan.

  • Merawat Kondisi Ban 

Selain 3 cara diatas, Anda juga harus memperhatikan kondisi Ban motor. Selalu angin memeriksa ban motor dengan alat ukur tekanan ban, hal ini memastikan keawetan ban. Dan pakailah standar tengah ketika motor terparkir di rumah guna menghindari tekanan berlebihan di bank dengan jangka waktu lama. 

  • Mengganti Oli Dengan Rutin 

Mengganti oli secara rutin adalah perawatan motor yang harus dilakukan.Oli merupakan pelumas yang berperan penting untuk meningkatkan kualitas komponen mesin sehingga dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Rutin mengganti oli bisa dilakukan dalam 3 hingga 4 bulan sekali. Oli digunakan di masing-masing mesin kendaraan hidup, jadi pemuas akan tetap melakukan sirkulasi walau motor tidak sedang dalam posisi hidup.

Selain memberikan perawatan di atas, Anda juga jangan lupa untuk memberikan perlindungan asuransi agar kendaraan Anda semakin aman.