Ganti Knalpot Motor Dengan Mudah 
Ilustrasi:shutterstock

4 Cara Mengganti Knalpot Motor Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mengganti Knalpot Motor – Setiap kendaraan bermotor baik itu motor atau mobil, tentu telah dilengkapi dengan sistem pembuatan atau yang disebut dengan knalpot. Fungsi utama dari knalpot sendiri merupakan sebagai alat yang mengalirkan gas sisa pembakaran, tidak hanya itu saja, knalpot pun dapat bekerja melihat suara ledakan pada ruang bakar, selain mengurangi polusi dan menjaga performa mesin agar tetap baik. 

Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif yang semakin hari semakin maju, jumlah suku cadang seperti knalpot semakin bermunculan dengan rangkaian variasi dan sediaan yang beragam.

Kehadiran rangkaian dari varian knalpot di era saat ini tentunya membuat pecinta otomotif tersenyum lebar pasalnya mereka dapat mengganti knalpot standar bawaan dari pabrik ke knalpot jenis baru guna menciptakan gaya motor yang lebih bergaya. 

Nah, buat kamu pecinta otomotif yang sudah penat dengan knalpot standar bawaan pabrik. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit Cara Bongkar Pasang Knalpot Motor Dengan Mudah yang bisa Anda coba lakukan sendiri! yuk langsung simak selengkapnya dibawah ini. 

Ganti Knalpot Motor Dengan Mudah 

Ganti Knalpot Motor Dengan Mudah 
Ilustrasi:shutterstock

Mengganti knalpot standar bawaan pabrik dengan knalpot yang lebih bergaya di era modern saat ini sudah terbilang wajar dikalangan remaja masa kini. Dan untuk mengatasinya langsung shaha yuk kita simak step by step yang harus dilakukan: 

Turunkan Standar Tengah 

Cara pertama, kamu bisa menurunkan terlebih dahulu standar tengah. Cara ini mengatur posisi agar ban mengangkat. 

Tunggu Suhu Knalpot Menurun 

Jika motor baru saja digunakan, maka Anda hanya perlu menunggu sampai suhu knalpot menurun. Jangan gunakan ini jika knalpot motor masih dalam kondisi panas, karena ini bisa mengakibatkan tangan melepuh. 

👉 Baca Juga :  5 Motor Listrik Keren & Murah di Indonesia dengan Harga 15 Jutaan Saja !!!

Lepaskan Langkah

Kamu bisa melepaskan footstep, pasalnya komponen ini terletak di atas knalpot. Jadi, ini bisa jadi cara yang harus dilakukan pada saat hendak melepaskan dan memasang knalpot. 

Lepaskan Mur dan Baut 

Kamu perlu melakukan peregangan pada mur yang mengikat di leher dari knalpot sampai batas. Kemudian buka baut yang dilengkapi knalpot yang terdapat di footstep belakang. Dengan ini, knalpot akan terlepas dari motor dan siap untuk diganti. 

Jika sudah, terlepas dan terpasang knalpot yang diganti, selanjutnya tinggal memasang kembali knalpot. Cara pemasangannya hampir sama dengan proses pembukaan.

Pada saat Anda hendak melakukan pemasangan, harap periksa lebih dulu leher sudah berada di posisi yang tepat atau tidak. Kemudian kencangkan mur yang ada di bagian pengait leher knalpot, selanjutnya kencangkan kembali baut yang terdapat pada langkah kaki bagian belakang. Terakhir jangan lupa untuk memasang kembali footstep yang sudah bisa dilepas tadi. 

Jika sudah terpasang semua, saatnya kamu tes dengan motor. Perhatikan juga pada bagian leher knalpot, apabila tidak ada sayap yang keluar pada bagian tersebut maka dipastikan knalpot sudah terpasang sempurna. 

Nah, mudah kan cara membongkar knalpot dirumah dengan cara diatas? Jadi, sekarang kamu tidak perlu merepoting ke bengkel hanya untuk mengganti knalpot motor saja. pasalnya cara diatas sudah bisa kamu contoh.

Bahkan jika sudah menguasai cara-cara diatas, kamu dapat kapan saja mengganti knalpotnya jika dirasa sudah bosan dan malas dengan knalpot yang terpasang. 

Jadi, sekiranya itu saja pembahasan pada kesempatan kali ini yang dapat kami jabarkan. Semoga ulasan diatas menjadi ulasan yang bermanfaat dan memberi informasi yang tepat untuk kamu yang penasaran mengganti knalpot sendiri dirumah tanpa harus ke bengkel.  

👉 Baca Juga :  Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Bermasalah Dan Cara Memperbaikinya
Kata Kunci
https://www hepnitrend com/1518/4-cara-mengganti-knalpot-motor-dengan-mudah-dan-cepat html