Cara Cek Penerima Bansos

Cara Cek Penerima Bansos Program PKH 

Cara Cek Penerima Bansos – Bansos atau Bantuan Sosial adalah salah satu program keluarga harapan atau PKH yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat kurang mampu.

Bansos PKH sendiri hanya dapat diterima oleh keluarga yang namanya terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial DTKS dan juga sudah sesuai dengan kriteria dari penerima PKH yang telah ditetapkan kementerian sosial negara Indonesia.

Mengingat perkembangan zaman yang kian hari kian canggih, saat ini selaku penerima bansos PKH dari pemerintah, Anda bisa mengeceknya secara online. Dan kabar baiknya di bulan Februari ini bantuan sosial PKH tahap I akan di keluarkan.

Dan kepada masyarakat yang sebelumnya mendapat bansos di tahap sebelumnya atau yang juga belum dapat sama sekali. Untuk mengetahui nama Anda terdaftar atau tidak dalam tahap I pembagian dana bansos 2022 sekiranya Anda bisa menggunakan Cara Cek Penerima Bansos Program PKH  dengan mengunjungi situs resminya. 

Bansos Program PKH  

Bansos PKH sendiri direncanakan dari Kementerian Sosial dari tahun 2007 silam guna memberikan bantuan untuk keluarga kurang mampu yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM PKH. Namun, bansos ini pun hanya bisa di dapatkan oleh nama-nama yang sudah terdaftar saja. dan sebelum melakukan pengecekan dana bansos pada bulan Februari ini,

perlu Anda ketahui juga bahwa tujuan pemberian bansos PKH ini adalah guna mensejahterakan rakyat sekaligus meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat Indonesia dengan melalui layanan pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan sosial. 

Ada pun besaran yang diberikan oleh kemenkes pada PKH tahun 2022 ini sebesar 28,7 triliun untuk 10 juta KPM PKH. Selain itu kabarnya, Pencarian dana PKH di tahun 2022 ini diperkirakan akan dicairkan dalam tiga bulan sekali, yakni kisaran bulan Januari, April, Juli dan oktober.

👉 Baca Juga :  Syarat Mendapatkan Kuota Belajar Kemendikbud 2022

Dan khusus di tahap I tahun 2022 ini, akan di cairkan dengan tiga tahap, yaitu Januari, Februari dan Maret. Proses pencairannya seperti biasa dengan menggunakan 4 perbankan diantaranya, BRI, Mandiri, BNI dan BTN. 

Lalu bagaimana cara cek bansos kemensos PKH? Berikut dibawah ini akan kami jabarkan caranya. 

Cek Bansos Program PKH, Sekarang! 

Sebagian masyarakat yang kurang mampu, Anda bisa mencari informasi apakah nama ANda terdaftar sebagai penerima PKH atau tidak secara online dengan mengunjungi situs Cek Bansos.kemensos.go.id. di dalam situs ini, Anda akan diberikan rangkaian bansos kemensos began berbagai jenis yang akan didapatkan bagi KPM dan periode serta status penerimanya. 

Dibawah ini cara cek bansos program PKH melalui DTKS Kemensos, diantaranya: 

  • Pertama, silahkan buka halaman situs resmi cek cekbansos.kemensos.go.id
  • Selanjutnya masukan alamat, contohnya provinsi, kecamatan, kota dan kelurahan di kolom yang tersedia
  • Jika sudah, lanjutkan dengan menyisipkan nama penerima KPM yang sesuai dari nama KTP 
  • Kemudian sematkan 8 digit huruf yang muncul di dalam kotak captcha di kolom tersedia. Masing-masing dari digit kode harap dipisah dengan spasi. 
  • Jika kode huruf yang diberikan tidak tampak jelas, silahkan klik reload guna memperoleh kode baru. 
  • Selanjutnya klik cari data dan tunggu sampai hasil data pencarian ditemukan di laman situs

Lakukan cara ini melalui situs resmi secara berulang apabila belum menerima bansos PKH di tahun 2022 namun belum juga cair. 

Nah, mudah bukan caranya? Jadi sekarang sudah tidak bingung lagi kan kalau harus mengeceknya sendiri tanpa harus bantuan orang atau kader guna membantu Anda. Yuk coba periksa sekarang juga, siapa tau nama Anda sudah terdaftar di tahap I ini. 

👉 Baca Juga :  BLT Subsidi Gaji Pemerintah, Akan Dicairkan Bulan Ini !