Fungsi Vaksin Booster

Mengenal Fungsi Vaksin Booster Covid-19 

Fungsi Vaksin Booster Covid-19 – Seperti yang sudah kita dengar dari berbagai kabar yang beredar tentang vaksin Booster di tahun 2022 ini. secara resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM telah memberikan izin untuk 5 jenis vaksin Covid-19 yang bisa disuntikkan kepada masyarakat Indonesia sebagai dosis lanjutan homolog dan heterolog. Dari kelima vaksin tersebut diantaranya Coronavac atau vaksin covid-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, Astrazeneca, Moderna dan Zificax.

Pada tanggal 12 Januari 2022 Indonesia resmi ditetapkan untuk memulai program vaksinasi dosis ketiga atau yang disebut booster. Program yang satu ini pun merupakan suatu bentuk usaha lanjutan dari vaksinasi dosis penuh yang dibagi 1 dan 2 kali suntikan.

Mengenal Vaksin Booster

Mengenal Vaksin Booster

Vaksin Booster adalah salah satu tindak lanjut yang diberikan oleh pemerintah guna melindungi masyarakat Indonesia dari paparan virus covid-19 yang kian membludak. Bahkan di tahun 2022 ini Indonesia telah diserang kembali dengan virus Covid-19 dalam varian baru, yaitu Omicron yang mana virus ini memiliki risiko luar biasa jika menyerang tubuh manusia.

Maka oleh sebab itu, pemerintah menurunkan vaksin booster guna mengembalikan imunitas dan proteksi klinik yang dapat meminimalisir populasi yang didapat dari hasil sero survey.

Bahkan, Jubir Satgas penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito telah menjelaskan kalau vaksinasi booster adalah vaksin yang berbeda dengan istilah vaksinasi tambahan yang mungkin saja dibutuhkan ketika imunitas seseorang tidak terbentuk dengan sempurna setelah vaksinasi primer. Yang paling umum ditemukan pada mereka yang menderita gangguan sistem imun.

Fungsi Vaksin Booster

Pemberian vaksin booster seperti yang kita ketahui sudah mulai gencar diperbicarakan. Booster vaksin sendiri disebut sebagai vaksin dosis tiga dalam upaya pemutusan mata rantai penularan covid-19.

👉 Baca Juga :  Bansos Pemerintah Dicairkan Lagi Bulan ini, Cek Jadwal Nya !

Sejauh ini pemberian vaksin dosis tiga ditargetkan untuk masyarakat yang telah menerima dosisi pertama dan kedua lebih dari 6 bulan dan berusia 18 tahun keatas, lansia, orang dengan masalah daya tahan tubuh serta mengidap penyakit tertentu.

Adapun beberapa fungsi dari pemberian vaksinasi booster covid1-9 adalah:

Mencegah terinfeksi virus covid-19 yang semakin membludak

Mempertahankan sistem imun tubuh

Memperkuat sistem antibodi yang telah dibangun

Memperpanjang masa perlindungan dari resiko paparan virus corona

Dengan kita melakukan vaksinasi dosis tiga ini dan menerapkan protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh pemerintah, diharapkan semua upaya tersebut mampu mencegah paparan virus corona yang kian melebar. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, hindari keramaian dan rutin mencuci tangan serta gunakan hand sanitizer.

Cara Mendapatkan Vaksinasi

Sejak awal tahun 2022 kabar pembagian vaksin booster dosis tiga sudah mulai diterapkan.. dan pemberian vaksin ini akan dilakukan melalui cara homolog dan heterolog. Melansir dari situs resmi kemenkes, perkiraan pembagian vaksin booster selama januari 2022 diantaranya:

Dosis pertama dan kedua Sinovak: vaksin yang diberikan setengah dosis vaksin Pfizer atau setengah dari dosis vaksin AstraZeneca

Dosis pertama dan kedua AstraZeneca yang diberikan setengah dari dosis vaksin Moderna

Sementara untuk mendapat agenda vaksin booster, Anda dapat memeriksanya lewat website atau aplikasi Peduli Lindungi buat mendapati tiket dan jadwal vaksin. Penerapan pemberian vaksinasi booster sendiri biasa nya dilaksanakan di service kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit atau pos servis kesehatan paling dekat.

Demikian, sekiranya itu saja pembahasan di atas tentang vaksin booster dan fungsinya. Semoga pembahasan diatas dapat memberikan informasi yang membantu bagi Anda. Ayo cek aplikasi peduli lindungi sekarang juga dan segera dapatkan tiket dan jadwalnya.

👉 Baca Juga :  Begini Cara Hitung Pajak Penghasilan