mengenal calon ibukota baru indonesia

Desain Terbaru Istana Negara Indonesia Karya I Nyoman Nuarta 

Desain Terbaru Istana Negara – Pada beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo merencanakan perpindahan Ibu Kota Baru ke Kalimantan. Perpindahan Ibu Kota Baru ini sudah bulat dan sudah dipertimbangkan dari setiap sisinya, dan hasil keputusannya adalah IKN Indonesia resmi pindah ke Kalimantan dan diberi nama NUSANTARA. 

Berdasarkan hasil keputusannya tersebut, Joko Widodo pun mengadakan sayembara untuk desain IKN baru Nusantara tersebut. Bahkan Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI sempat bersuara terkait desain Istana untuk IKN baru.

Dan di beberapa waktu lalu tersiar kabar yang sempat mengejutkan bahwa Perupa Nyoman Nuarta mempresentasikan berbagai hasil dari karyanya dalam mendesain Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru. 

Desain Terbaru Istana Negara Indonesia Karya I Nyoman Nuarta tersebut telah final dipilih oleh Presiden Joko Widodo dan disambut dengan sukacita. Ia pun mengaku sudah di undang ke Istana Merdeka sehari sebelumnya guna menceritakan konsep desain yang ia buat tersebut kepada Presiden RI. 

Desain Istana Baru Negara Indonesia

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur
Ilustrasi:shutterstock

Desain terbaru dari Istana Negara dengan patung burung garuda yang membentang di Ibu Kota baru hasil I Nyoman Nuarta memang masih hangat diperbincangkan. Nyoman Nuarta mengatakan membutuhkan waktu 12 hari dalam menyelesaikan desaiannya. Ia pun mengatakan bahwa Konsep desain Istana Negara di Ibu Kota Baru mengandung unsur lebih lekat dengan Indonesia. 

Sehingga oleh sebab itu ia memilih Burung Garuda yang mana burung tersebut adalah lambing dari negara. Ikon Bhineka Tunggal Ika pun tertulis pada pita yang disematkan dalam jemari kaki burung Garuda. Demikian itu, Istana Negara di IKN baru dapat menjadi sebuah simbol kesatuan bangsa. 

Seniman asal Bali yang tinggal di Bandung ini pun menyatakan bahwa simbol persatuan yang terdapat di jemari kaki Garuda tersebut, di Istana Negara nantinya dapat benar-benar di modifikasi dan dilaksanakan dengan bentuk pola arsitektur dan mempertimbanghkan beberapa aspek penting, nilai fungsi dan juga kegunaan untuk kemajuan dunia pariwisata Indonesia. 

👉 Baca Juga :  Implementasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Desain Istana Negara Indonesia

Istana Negara dengan desain terbaru yang mengedepankan konsep Garuda ini, menurut I Nyoman Nuarta, tidak hanya stuck sebagai landmark suatu wilayah saja. melainkan lebih dari itu, konsep yang digunakan pun hasil pelaksanaan dalam pencapaian sinergi antara teknologi, seni dan sains.

Maka dari itu, selaku Negara dengan keanekaragaman budaya yang kaya, Indonesia harus lahir kembali sebagai satu-satunya negara yang berhasil mempersatukan dengan kental antara tiga unsur, yaitu teknologi, sains dan seni. 

Di bagian lainnya pun rencananya akan diisi dengan museum dan galeri, dua unsur ini sangatlah berperan penting untuk melahirkan citra keteduhan dari sebuah istana negara.

Sebelum berhasil dengan karyanya mendesain istana negara baru dengan mengusung symbol Garuda, I Nyoman Nuarta pun sudah dikenal luas dengan hasil karya lainnya. Adapun hasil rancangannya yang terkenal ialah patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terdapat di Bali.  

Desain Istana IKN Baru yang Di Revisi 4 Kali

Terlepas dari kabar IAI diatas, I Nyoman Nuarta puun mengungkapkan bahwasanya desain istana negara di ibu kota baru sempat mengalami revisi sebanyak 4 kali. Namun ini tidak termasuk dari desain awal yang tidak sah. 

Walau demikian, ia tidak meributkan hal tersebut di pasal ini merupakan suatu usaha dalam menyempurnakan desain istana presiden. Jika sebelumnya Indonesia hanya memiliki Istana Tampaksiring yang dibuat setelah kemerdekaan, di era presiden Soekarno. Dan kabarnya Istana Presiden tersebut merupakan peninggalan Belanda. 

Demikian pembahasan diatas, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali.