desain final Istana Kepresidenan di Kalimantan Timur

Letak Calon Ibu Kota Baru Bernama Nusantara 

Calon Ibu Kota Baru Bernama Nusantara masih menjadi perbincangan hangat. Nama ibu kota baru tersebut pun disebarkan oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ketika rapat bersama panja RUU ibu kota Negara pada waktu itu. 

Nusantara yang terdapat di kawasan kota Kalimantan Timur ini, rencananya akan menggantikan Jakarta sebagai Ibukota. Di awal, Istana Negara menjadi paling awal dipindahkan ke Nusantara di tahun 2024 mendatang beserta 4 kementerian. 

Lantas, berada di titik geografis manakah letak Nusantara sebagai calon ibukota baru dari Indonesia? Berikut informasinya sudah kami rangkum dibawah ini. 

Letak Geografis Calon Ibu Kota Baru

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur
Ilustrasi:shutterstock

Di tahun 2019 lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau sapaan akrabnya Jokowi telah memberikan suatu pemberitaan terkait letak ibukota baru Indonesia yang sebentar lagi akan dipindahkan tersebut. Ibu kota resmi akan di pindahkan ke dua kabupaten yang terdapat di Kalimantan Timur, diantaranya Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Berdasarkan undang-undang Ibu Kota Negara (IKN) yang terdapat di pasal 6, berikut ini adalah letak dari calon ibu kota baru Indonesia: 

  • Sebelah Utara: 1170 0’ 31.292 BT dan 038’ 44.912 LS
  • Sebelah Selatan: 117 11’ 51. 903 BT dan 115’ 25.260 LS
  • Sebelah Timur: 117 18’ 28.085” BT dan 1 6’ 42.398” LS 
  • Sebelah Barat: 116 31’ 37.728” BT dan 0  59’ 22.510 LS 

Perbatasan-Perbatasan Wilayah 

  • Bagian Selatan berbatasan langsung dengan Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan Kec.Balikpapan Barat, Kec. Balikpapan Utara dan Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan
  • Bagian Utara berbatasan langsung dengan Kec. Loa Kulu. Kec. Loa Janan dan Kec. Sanga-Sanga Kab. Kutai Kartanegara
  • Bagian Timur berbatasan dengan Selat Makassar 
  • Bagian Barat berbatasan dengan Kec. Loa Kulu, Kab. Kutai Kartanegara dan Kec, Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara
👉 Baca Juga :  Menilik Desain Ibukota Baru Indonesia Karya I Nyoman Nuarta

Ibu Kota Baru Akan Dipimpin Oleh Kepala Otorita

Rencana mendatang, Ibu Kota Baru yang bernama Nusantara ini akan dipimpin oleh Kepala Otorita. Bahkan Presiden RI Joko Widodo sendiri akan memerintahkan secara langsung Kepala Otorita dengan berbagai kriteria.

Bersamaan dengan hal itu, Istana Negara pun menjadi salah satu kantor pemerintah yang akan dipindahkan pada 2024 mendatang.  Kantor pemerintah pertama yang akan di pindahkan ke ibu kota baru tersebut adalah Istana Negara. Di samping itu, ada juga 4 kementerian yang akan ikut serta dipindahkan ke Kab. Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, diantaranya: 

  • Kementerian Dalam Negeri 
  • Kementerian Pemerintah 
  • Kementerian Sekretariat Negara 
  • Kementerian Luar Negeri

Rencana pemindahan kantor pertama ke IKN pada 2024 mendatang inni pun sudah dikonfirmasi dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Kasetpres tersebut pun mengatakan bahwa ia telah menerima kabar terkait perpindahan Istana Negara beserta 4 Kementerian Presiden di 2024 mendatang. 

Berdasarkan siar kabar yang bertengger di jejaring digital, Presiden Joko Widodo sendiri mengatakan bahwa proses pembangunan IKN tersebut akan memakan waktu yang cukup panjang, setidaknya membutuhkan waktu 15- 20 tahun untuk selesai seluruhnya.

Dan menyoal pembangunan IKN yang dihentikan oleh pemimpin selanjutnya, Joko Widodo tidak merasa khawatir. Sebab, menurutnya pembangunan IKN sudah menjadi instruksi UU jadi tidak seharusnya diberhentikan. 

Jadi, itu saja pembahasan di atas. Semoga bermanfaat dan memberi banyak pengetahuan baru untuk kita terkait Ibu Kota Baru “Nusantara”