Shockbreaker Motor

6 Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Shockbreaker Motor – Shockbreaker dalam sebuah motor merupakan suatu komponen yang memiliki manfaat sebagai peredam guncangan yang terdapat dari motor saat melaju di jalanan. Pada jalanan halus, biasanya shockbreaker akan kurang menunjukkan fungsi. Namun sebaliknya, jika di jalan terjal dan terbilang tidak rata, fungsi dari komponen ini akan sangat membantu bagi pengendara motor. 

Pada suatu ketika kejutan tidak dapat bekerja dengan normal, pasti rasa nyaman saat berkendara pun akan menurun. Bahkan tubuh si pengendara pun lebih mudah lelah.

Efek sampingnya jika shockbreaker tidak cepat ditangani dapat berdampak pada perubahan posisi maupun pengaturannya. Lebih parahnya lagi bearing ban pada motor juga dapat terkena efek resikonya. Dan hal ini bisa menimbulkan bahaya. 

Jadi, untuk itu, dibawah ini kami akan bagikan sedikitnya Tips Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet dan tetap nyaman dalam berkendara. 

Tips Merawat Shockbreaker Motor

tips dan trik shockbreaker motor tetap awet
Ilustrasi:shutterstock

Berikut ini ada beberapa tips yang paling rekomended dalam menjaga kesehatan shockbreaker motor supaya awet dan nyaman dalam berkendara. 

1. Memastikan Tidak Ada Kotoran di Area Shockbreaker 

Cara ini adalah cara paling utama yang harus dilakukan bagi pengendara. Mereka yang sayang kepada kendaraannya pasti akan selalu menjaga shockbreakernya dari kotoran. Kotoran yang singgah di area tersebut akan memberikan efek buruk pada seal dan membuatnya menjadi lecet. Dengan itu, oli shockbreaker akan bocor lalu kualitas dari pegas akan menurun. 

2. Jangan Tarik Gas di Jalanan Rusak 

Pada saat berkendara dan dihadapkan jalanan yang tidak rata dan rusak, sekiranya kamu harus lebih berhati-hati dalam menentukan jalan yang enak. Jangan pernah menarik gas full dan asal menabrak obstacle yang ada di hadapan.

👉 Baca Juga :  Rekomendasi Motor Jadul yang Sedang Naik Daun

Pasalnya menarik gas dengan kencang di jalanan rusak dapat memicu shockbreaker bekerja lebih keras, besar kemungkinan jika dipaksakan shockbreaker akan melengkung. 

3. Hindari Jalanan Rusak 

Memilih rute jalanan yang terjal, pastinya kamu perlu mempersiapkan diri dengan berbagai resiko yang akan dihadapi. Melaju di jalanan rusak akan mengakibatkan kerusakan lebih cepat pada motor dibanding jalan di jalanan lurus dan halus. Ini pun berlaku pada shockbreaker motor kalian. 

4. Perhatikan Tabung Silinder 

Kondisi tabung silinder pada shockbreaker bagian depan adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Jangan sampai bagian tersebut kotor apalagi harus terbebani dengan kunci cakram yang sangat ketat. Pasalnya pemasangan kunci cakram yang terlalu ketat akan memberikan efek tabung silinder menjadi kecil dan menjepit batang pada shock. 

5. Hindari Kelebihan Bobot 

Apabila kamu terlalu sering membaca bobot berat, cobalah pertimbangkan kembali. Pasalnya kelebihan bobot pada motor akan membuat shockbreaker terbebani sehingga menimbulkan fungsi dari suspensi itu sendiri. Jika memang bawaan terlalu berat, upayakan untuk gunakan layanan delivery jangan motor kesayangan justru menjadi tumbalnya. 

6. Mengganti Oli Shockbreaker 

Kalau untuk yang satu ini, sepertinya memang sudah menjadi hal wajib. Pasalnya saat suspensi motor tidak prima, bisa jadi pegas yang terhubung perlu perbaikan. Umumnya oli shockbreaker rutin diganti pada 2 hingga 3 tahun sekali.

Namun jika shockbreaker sudah memberikan rambu-rambu servis, jangan tunda lagi, segera lakukan servis sebelum resiko menjalar ke bagian lainnya. 

Nah, jadi kamu sudah tahu tindakan apa yang wajib dilakukan dalam tata Cara Merawat Shockbreaker Motor agar tetap awet dan nyaman digunakan. Silakan ikuti tips di atas agar saat kamu berkendara lebih nyaman dan aman. Berkendara nyaman dan aman tentunya akan menjaga keselamatan kita. 

👉 Baca Juga :  Honda Win 100, Motor Tua yang Menjadi Primadona Sepanjang Masa