Tips Membeli Motor Bekas Minim Penipuan

Tips Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Mudah Ketipu 

Cara Membeli Motor Bekas Untuk teman-teman sejawat yang hendak membeli kendaraan roda dua dalam kondisi bekas atau second, sepertinya kalian harus mengenal dulu Trik Jitu Beli Motor Second Agar Tidak Ketipu penjual.

Dengan mengetahui cara jitu membeli motor second, kita dapat terhindar dari penipuan. Pasalnya, kita sudah memahami kekurangan dan kelemahan dari motor tersebut.

Membeli motor dalam kondisi kedua tentunya, bukan mungkin namanya juga motor kedua yang kita baca tidak mengerti penjelasan yang telah digunakan oleh sebelumnya. Selain itu, trik jitu ini tampaknya memang harus dilihat oleh Anda mengingat sekarang ini hampir rata-rata penjual telah melakukan hal itu dengan sedemikian rupa untuk menutupi kekurangannya. 

Trik Jitu Agar Kamu Tidak Ketipu Saat Membeli Motor

jual beli motor bekas terpercaya
Ilustrasi:shutterstock

Nah, dalam kesempatan yang baik ini kami akan membagikan sedikit trik jitu agar kamu tidak ketipu pada saat membeli motor dalam keadaan kedua. langsung saja kita simak sampai akhir penjelasan lengkapnya tentang cara membeli motor bekas dibawah ini. 

1. Pilih Tipe Motor yang Hendak Dibeli 

Pertama kamu harus memastikan motor seperti apa yang akan dibeli. Cara ini tujuan guna memudahkan kamu dalam mencari penjual yang sesuai dengan keinginan. 

2. Pilih Pelapak yang Terpercaya

Memilih pelapak yang terpercaya adalah hal paling tepat. Hal ini bertujuan guna mencegah terjadinya penjual nakal dan suka membodohi pembeli. Oleh maka itu, kamu wjaib tahu penjuall seperti apa yang bisa diercaya ketika kamu mencari motor yang diinginkan. 

👉 Baca Juga :  5 Motor Listrik Keren & Murah di Indonesia dengan Harga 15 Jutaan Saja !!!

3. Cari Tahu Harga Pasaran Motor

Jika teman-teman sekalian sudah pasti dengan satu tipe motor yang diinginkan dan penjualnya pun sudah ditemukan. Maka selanjutnya kamu harus menganalisis harga pasaran daripada motor tersebut. walau terdengar sepele, tapi cara ini sangat dibutuhkan. Karena masing-masing motor memiliki harga yang bervariasi dan juga akan bergantung pada kondisinya. 

4. Memeriksa Detail Kelengkapan Surat Kendaraan

Walau motor bekas yang akan dibeli, penting juga nih buat kamu untuk mengecek surat-suratnya contohnya STNK dan BPKB. langkah ini bertujuan agar kita saling tahu terkait kejelasan dari si pemilik dan juga kita bisa memastikan kalau motor tersebut bukanlah hasil kejahatan. 

5. Samakan Nomor Angka dan Nomor Mesin

Selanjutnya, usahakan juga untuk mengecek no rangka dan no mesin pada kendaraan yang akan dibeli. Hal ini bertujuan agar kedepannya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena saat ini sudah banyak motor curian yang mana no rangka dan no mesinnya tidak sama. 

6. Periksa Body Kendaraan

Nah, trik ini merupakan paling sering dilakukan. Karena cara ini lebih sederhana dan mudah dilakukan dibanding harus melihat mesin. Pada saat mengeceknya usahakan motor tersebut tidak ada goresan dan bila perlu tanyakan pada penjual terkait keaslian suku cadang yang digunakan. 

7. Cek Mesin 

Dalam trik ini kamu harus menghidupkan mesinnya, jika mesin masih terdengar halus dapat dipastikan kondisi mesin masih dalam kondisi aman. Selain itu, usahakan juga untuk menyalakan mesin tanpa di gas.

Contohnya pada saat menghidupkan jangan langsung di gas dan tunggu beberapa saat apakah motor tetap menyala di putaran mesin tanpa di gas. Kondisi ini akan memberikan pertanda baik dan buruknya motor tersebut. 

👉 Baca Juga :  Motor Tua Idaman Sepanjang Masa, Honda Win 100 

Selain 7 trik di atas kamu juga bisa melakukan trik lainnya yaitu: 

  • Periksa dan rasakan saat perpindahan giginya 
  • semua sistem kelistrikan berada di garis normal 
  • Periksa apakah motor sudah mengalami kecelakaan atau tidak 
  • Periksa fungsi panel indikator 
  • Cek oli motor

Itulah trik jitu yang bisa kamu coba, selamat mencoba dan semoga berhasil.