cara mengatasi layar sentuh HP yang Nge Bug

Layar Sentuh Sering Macet Dan lambat ? Begini Cara Mengatasinya! 

Kecanggihan teknologi saat ini telah melahirkan banyak ponsel dengan mode layar sentuh atau layar sentuh merupakan sebuah ponsel era modern yang mulai banyak digunakan hampir semua kalangan, saat ini. Bahkan hadirnya smartphone di saat ini seolah tidak pernah lepas dari genggaman sehari-hari. 

Seperti halnya yang kita ketahui, bahasanya kecanggihan teknologi di era modern saat ini, faktor utama produksi smartphone di berbagai merek karena smartphone bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, melainkan untuk banyak permainan utama, cari penghasilan dan lainnya.

Meski sudah dibekali dengan teknologi canggih di dalamnya, namun tidak dipungkiri jika smartphone dengan mode layar sentuh tersebut sering pula mengalami lag, yang membuat sistem lambat. 

Saat sedang bermain gadget tapi Touch Screen Sering Lambat? Ini Solusi Untuk Mengatasinya. Yuk langsung saja kita lihat cara untuk kendala yang sering terjadi dan mempengaruhi dampak ini. 

Cara Tepat Atasi Touchscreen Lambat 

tutorial membuat tampilan layar hp semakin cepat dan sensitif
Ilustrasi:shutterstock

Punya masalah dengan layar hp yang sering lambat pergerakannya? Tenang, dibawah ini kami akan bagikan solusi tepatnya! Yuk ikuti caranya untuk mengatasi kendala Touch Screen lambat. 

  • Mulai ulang Ponsel

Pertama, kamu bisa melakukan restart hp yang digunakan. Cara ini memang tampak sederhana, namun cara ini cukup efektif dalam mengatasi layar yang mulai efektif. Cara untuk memulai ulang ini sangat mudah, kamu hanya perlu menekan daya dan memilih mua ulang. 

  • lakukan Kalibrasi

Kalibrasi adalah aktivitas guna menentukan alat dan bahan ukur ke mode standar nasional dan internasional dengan bahan yang telah tersertifikasi. Pada smartphone, biasanya kalibrasi ini disediakan oleh pengembang dari smartphone tersebut. fitur itu sendiri biasanya terdapat di bagian menu setting. 

  • Mengganti Launcher-nya 
👉 Baca Juga :  Cara Menghapus Cache di Android Agar Tidak Lemot

Launcher disini memiliki peranan penting guna mengubah tampilan pada smartphone yang digunakan. Pada umumnya terdapat kegunaan launcher guna mempermudah pengguna mengaksesnya.

Sementara itu, di sisi lain Launcher yang digunakan hingga terlalu penuh akan berdampak pada layar  yang melemah. Dan untuk mengatasinya, kamu bisa mengubah launcher dengan lebih ringan dan lebih menarik dari sebelumnya. 

  • Kosongkan RAM 

Pada dasarnya setiap smartphone akan disediakan ruang penyimpanan atau biasa disebut RAM dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang memiliki ukuran besar dan ada pula yang memiliki ukuran kecil

Nah, untuk itu jika kamu memiliki aplikasi dengan ruang penyimpanan yang cukup besar dan tidak begitu penting. Ada baiknya untuk menguninstall aplikasi tersebut guna mengurangi lambatnya sistem kerja layar sentuh. 

  • Layar Sentuh Layanan 

Jika cara diatas tak juga menghasilkan hasil yang memuaskan, sebaiknya kamu bawa ke tempat layanan HP yang profesional untuk memperbaiki secara menyeluruh. 

Penyebab Layar Sentuh HP Lambat 

Layar Sentuh / Touch Screen yang biasanya disebabkan karena banyak file sampah yang membeku di hp. Sehingga memicu kerja layar sentuh yang menyebabkan lambat atau bahkan tidak merespon. Namun, penyebab layar sentuh lambat bukan hanya karena itu, melainkan juga beberapa faktor pemicunya antara lain: 

  • Terjatuh 
  • Terkena udara 
  • Layar pecah atau retak 
  • Pengisi daya tidak asli 
  • Terdapat bug pada sistem dan aplikasi 
  • RAM terlalu penuh 

Jadi, sekarang sebelum ponsel Anda mengalami layar sentuh lambat seperti yang mengalami banyak pengguna lainnya. Penyebab di atas bisa kamu lihat, agar tidak melakukan hal-hal yang memicu terjadinya Touch Screen lambat/error. 

Demikian, pembahasan di atas. Semoga bermanfaat dan membantu.