Knalpot Bocor

Pusing, Knalpot Bocor Terus? Cek Solusinya Disini!

Sering mengalami knalpot bocor, dan bingung mencari cara untuk mengatasinya? Pada dasarnya knalpot yang bocor bisa memberikan tekanan yang kurang baik pada kesehatan mesin dan pembuangan gas pun turut tidak stabil. kebocoran knalpot pada motor umumnya disebabkan oleh adanya pemicu yaitu usia, perawatan yang kurang intensif dan benturan dengan benda keras.

Kondisi knalpot bocor memang tidak nyaman ketika digunakan, bahkan akan mengganggu performa mesin motor. Oleh sebab itu ada  baiknya jika kamu punya kendala seperti ini sebaiknya segera lakukan tindakan agar performa motor dapat melaju dengan baik kembali. 

Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa Cara Mengatasi Knalpot Bocor yang bisa kita lakukan dengan cara sederhana. Berikut solusinya dibawah ini: 

  • Alumunium Foil

Alumunium foil atau yang juga biasa  kita jumpai pada bagian dalam kemasan rokok, bisa kamu manfaatkan guna mengatasi knalpot bocor. Caranya kamu bisa menempelkan kertas tersebut di bagian knalpot yang bocor.

  • Lem Sealer

Lem Sealer adalah jenis lem yang sudah banyak dipasaran. Fungsi dari le mini sendiri tentunya guna ditempatkan di knalpot, dan pilih varian dengan ketahanan yang mumpuni untuk temperatur tinggi.

  • Lem Besi

Selain lem sealer, kamu juga bisa menggunakan lem besi. Cara penggunaannya adalah dengan melepas lem besi di bagian knalpot yang bermasalah. Meski tampak sederhana, namun lem ini dinilai sangat ampuh dalam mengatasi masalah kebocoran pada knalpot. Dan untuk sisi kemudahan, lem ini bisa kamu jumpai di toko-toko bangunan terdekat. 

  • Las Karbit

Cara ini adalah cara paling umum dan sudah bukan rahasia lagi di era saat ini. Berbeda dengan cara lain, cara ini akan lebih disarankan untuk dibawa ke ahli las langsung. Namun, harus di pastikan juga kalau las yang dipilih melainkan las karbit tidak las listrik. 

  • Seal Tape Aluminum

Sale Tape Aluminium yang umumnya digunakan untuk wajan dan peralatan dapur yang bocor, justru menariknya lagi alat ini bisa kamu gunakan guna mengatasi knalpot yang bocor. Cara penggunaannya pun tidak repot, karena kamu bisa melakukannya sendiri dengan mencari letak kebocoran knalpot dan menempelkan seal tape tersebut. Sedikit saran, gunakan cukup banyak lapisan agar lebih merekat dan tidak mudah berlubang. 

  • Mengganti Paking Knalpot

Apabila dengan solusi menambal tak kunjung memberikan hasil yang memuaskan, maka ada baiknya jika kamu mengganti paking knalpot. Untuk menggantinya, kamu bisa mengunjungi bengkel professional agar knalpot dapat ditangani langsung oleh ahli. Selain itu kamu juga bisa berkonsultasi terkait bahan paking apa yang sekiranya cocok dan mencegah kebocoran pada knalpot di hari berikutnya. 

  • Manfaatkan Muffler Tape

Walau hampir sama dengan seal tape aluminium, muffler tape dibuat khusus yang difungsikan guna knalpot. Adapun sisi yang membuatnya berbeda adalah terdapat perekat yang lebih tepat dengan tekstur knalpot. Untuk pemasangannya pun mudah bahkan bisa dibilang sama dengan seal tape karena bentuk fisiknya yang selaras. 

  • Alumunium Foil

Sama halnya dengan seal tape yang banyak digunakan di saat memasak. Hanya saja alumunium foil ini berbeda karena tidak terdapat lemnya sehingga pemasangannya ekstra hati-hati. Aluminium foil ini dapat kamu tempelkan di bagian leher ujung knalpot dan pemasangan ini pun harus penuh ketelatenan agar proses penambalan berlangsung baik dan merekat sempurna. 

👉 Baca Juga :  5 Motor Listrik Keren & Murah di Indonesia dengan Harga 15 Jutaan Saja !!!

Nah, jadi itulah solusi tepat atasi kebocoran pada knalpot yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba, semoga berhasil.