Cara Merawat Motor Matic 

Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet 

Cara Merawat Motor Matic – Sepeda motor merupakan salah sebuah alat transportasi andalan hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Sejak munculnya tren penggunaan sepeda motor matic dinilai cukup masif. Mulai dari laki-laki sehingga perempuan sudah umum menggunakan motor matic, sehingga melonjaknya pangsa pasar motor tersebut mengalahkan motor sport dan motor bebek.

Dengan demikian, tak heran kalau produsen motor yang ada di Indonesia semakin gencar merilis dan merancang produk terbaru motor matic. Namun, akan sangat disayangkan juga bahwasanya tidak sedikit masyarakat yang bisa menjaga dan merawat motor tersebut, melainkan hanya bisa menggunakannya saja.

Pada dasarnya motor baru atau motor second, membutuhkan adanya perawatan guna menjaga kestabilan kinerja dan performa mesinnya. 

Nah, buat kamu yang punya motor matic dan ingin menjaga kestabilan mesin dan menjaganya agar tetap awet meski sudah tidak baru lagi. Berikut ada sedikit informasi mengenai Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet selengkapnya di bawah ini. 

Cara Merawat Motor Matic yang Benar

Cara Merawat Motor Matic yang Benar 

Walau perawatan nya sedikit berbeda dengan perawatan motor umumnya, perawatan khusus motor matic dengan media pembakaran karburator maupun injeksi tentu membutuhkan ketelatenan khusus dan perawatan yang baik guna menjaga mesinnya tetap sehat dan tentunya awet. Berikut dibawah ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan. 

Rajin Memanasi Mesin di Pagi Hari

Cara ini dinilai sangat efektif dalam menjaga kesehatan mesin dan oli dalam mesin siap melumasi mesin dengan tujuan meningkatkan performa mesin. 5-10 menit di dalam mesin adalah metode yang disarankan untuk menghangatkan mesin dengan benar.

Hindari Kehabisan Bensin

Masalah seperti ini biasanya kerap kali dialami bagi mereka yang lalai. Dan untuk menghindari kerusakan mesin dan terjadi hal-hal buruk pada motor matic Anda, upayakan untuk tidak kehabisan bensin.

👉 Baca Juga :  Honda Win 100, Motor Tua yang Menjadi Primadona Sepanjang Masa

Jika motor mati di jalan lantaran kehabisan bensin hal ini dapat menuju pada kerusakan mesin. Dengan demikian, jangan sampai indicator menunjuk ke E di speedometer dan upayakan juga motor berisikan bahan bakar yang penuh guna menghindari masalah tersebut. 

Merawat AKI

Namun tidak mudah untuk mengatasi kondisi AKI pada mesin matic sehingga seringkali kendala bagi pengguna mesin matic adalah aki yang mati. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka dari itu Anda sebagai pengguna sekaligus pemilik perlu melakukan pergantian AKU dalam 7 hingga 8 bulan terhitung sejak penggantian AKI terakhir. 

Rutin Mengganti Oli

Tak kalah penting coba ganti oli mesin pada 1000 km dan oli gearbox pada 5000 km. Atau praktisnya Anda bisa mengganti oli setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan upayakan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan standar kebutuhan motor matic kalian. 

Service Rutin

Perawatan service rutin motor matic biasanya akan menjuru ke penggantian oli, pembersihan karburator  dan juga menyeting motor. Dan untuk melakukan metode ini ada baiknya jika melakukannya di bengkel resmi dari brand motor matic yang Anda miliki.

Hal ini bertujuan guna perataan intensif seperti vanbelt, roller, aki dan lain sebagainya. Lakukan cara ini secara teratur yaitu 3 bulan sekali guna menjaga performa motor Anda. 

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lainnya antara lain: 

  • Menggunakan
  •  bahan bakar yang berkualitas
  • Shockbreaker Ganti Oli 
  • Menstabilkan Gas 
  • Mengecek roler dan Vanbelt

Lalu, bagaimana? Cukup mudah bukan. Yuk mulai perhatian ke motor matic yang Anda pakai agar awet dan selalu sehat.