Penyebab Ponsel Overheating

Penyebab Ponsel Overheating, Solusinya Bisa Dicek disini !!

Penyebab Ponsel Overheating. Secanggih apapun ponsel Kalian sudah pasti memiliki kelemahan. Khususnya, jika digunakan terus-menerus, maka akan menyebabkan ponsel atau HP kalian cepat panas. Kalau sudah begini maka dengan otomatis performa HP juga akan melambat. Tapi jangan khawatir, kami sudah menyediakan cara agar HP tidak cepat panas yang dapat dijadikan solusi.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan ponsel atau HP kalian cepat panas. Apalagi, di zaman modern ini, ponsel hadir mengusung konsep multifungsi yang mana dapat digunakan untuk berbagai hal. Hal ini disebabkan tingginya kinerja CPU sehingga memicu HP menjadi cepat panas.

Apa Penyebab HP Cepat Panas/Overheat

Penyebab Ponsel Overheating saya menyimpulkan dari pengalaman pribadi, kiranya ada beberapa faktor yang menyebabkan HP menjadi panas, dan di antaranya adalah sebagai berikut:

Pengaturan Tidak Optimal

Mungkin kalian tidak menyadari, setelan ponsel atau HP juga dapat memengaruhi jumlah energi yang digunakan. Misalnya pada penerapan tingkat kecerahan layar terlalu tinggi atau penggunaan wallpaper animasi. Hal tersebut, dapat mempengaruhi daya baterai ponsel dan membebani CPU sehingga ponsel atau HP kalian menjadi cepat panas.

Overtime Menonton Streaming

Hal ini mungkin banyak orang yang tak menyadari bahwa dengan menonton tayangan streaming dalam jangka waktu lama akan membuat HP harus memuat data dari video serta menjaga tampilan layar agar tetap aktif. Maka jangan kaget kalau HP jadi cepat panas kalau selalu digunakan untuk nonton video streaming dari berbagai YouTube, Facebook, Instagram TikTok dll.

Over dalam Bermain Game

Tentunya kalian sudah paham dengan hal yang satu ini, main game memang merupakan salah satu aktivitas hiburan yang begitu digemari pengguna ponsel. Namun, kalian juga perlu paham bahwa HP memiliki kapasitas kemampuan yang terbatas.

👉 Baca Juga :  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat, dijamin Ampuh !

Dengan memainkan terlalu lama dan menghabiskan berjam-jam akan menghabiskan energy HP sehingga Baterai HP cepat Panas Karena aplikasi game mempunyai intensitas tinggi yang bisa menyebabkan ponsel cepat panas.

Aplikasi Membutuhkan Update

HP atau Ponsel menjadi cepat panas bisa jadi disebabkan oleh aplikasi yang belum diperbarui sehingga menimbulkan masalah bug pada sistemnya. Perlu kalaian ketahui, bahwa bug system ponsel ini akan menggunakan terlalu banyak prosesor sehingga ponsel menjadi panas. Dalam hal mengatasinya, maka Anda harus update aplikasi yang belum terupdate.

Faktor Entitas Lingkungan

Pada hal ini Paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor penyebab paling umum kenapa ponsel menjadi cepat panas. Selain itu, kebiasaan meletakan HP atau ponsel di dekat kaca jendela saat matahari sedang bersinar terik, atau juga sering menggunakan HP di luar ruangan sehingga memicu CPU menjadi panas.

Solusi Agar HP Tidak Cepat Panas

Selian memaparkan penyebab HP cepat panas maka kami sudah menyediakan solusi agar HP tidak cepat panas, di bawah ini adalah beberapa tips dan solusi yang bisa dilakukan:

Tidak Menggunakan Ponsel atau HP Saat Di-charge/Cas

Seharusnya kalian sudah memahami bahwa kebiasaan menggunakan ponsel saat sedang di-charge tidak bagus untuk kesehatan HP, karena hal ini dapat membuat baterai menjadi lebih cepat mengembung. Bukan hanya itu saja, ponsel kalian juga akan lebih cepat panas ketika digunakan sambil mengecas. Maka sebaiknya jangan lakukan penggunaan HP saat sedang discharge.

Gunakan Adaptor dan Baterai yang Original

Charger dan baterai tiruan atau KW memiliki kualitas di bawah standar, sehingga dapat membahayakan ponsel. Pada penggunaan produk tiruan atau KW biasanya akan membuat proses mengecas HP membutuhkan waktu yang lama karena daya yang masuk tidak optimal sehingga ponsel cepat panas.

👉 Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dari Nonton Video di TikTok

Bersihkan Ponsel dari Debu

Perkara kecil seperti debu yang menempel pada ponsel juga dapat menyebabkan HP menjadi overheating atau cepat panas. Hal ini disebabkan lubang yang terdapat pada tubuh HP berfungsi menutup jalur suhu panas yang keluar dari ponsel. Jadi, Kalau HP kemasukan debu dan mengendap maka sudah pasti suhu panas tidak bisa keluar.

Gunakan Aplikasi Pendingin Ponsel

Meski nampak tidak terlalu penting. Namun, dengan penggunaan aplikasi pendingin ponsel terbukti cukup ampuh untuk mengatasi ponsel yang cepat panas. Aplikasi Pendingin HP atau Cooler dapat memproteksi suhu HP sehingga akan tetap stabil dan umumnya diikuti perubahan setelan otomatis saat ponsel panas.

Hindari Ponsel dari Terik Matahari

Ini merupakan cara yang paling mudah, namun sering diabaikan pengguna ponsel untuk mencegah HP terlalu panas atau overheating adalah dengan menaruhnya di tempat aman dan tidak terkena cahaya matahari yang terik

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ketika sedang hectic, tidak sedikit orang yang lupa menutup aplikasi yang sedang digunakan atau langung beralih ke recent apps. Jika banyak aplikasi berjalan dan tanpa ditutup, maka akan sangat berpotensi menyebabkan HP semakin cepat panas, dan membuat kinerjanya juga semakin melambat.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Kebiasaan menginstal berbagai macam aplikasi akan memberatkan dan memenuhi kapasitas RAM. Namun, hal ini tidak berlaku pada ponsel yang dibekali dengan kapasitas RAM yang besar. Maka agar  performa HP tidak terganggu, bagi pengguna ponsel dengan RAM 3 GB ke bawah, sebaiknya tidak install aplikasi yang memakan ruang besar.

Hindari Mengaktifkan WiFi Non-Stop

Ketika sedang berada di area publik, sebaiknya hindari untuk mengaktifkan fitur Wi-Fi agar ponsel tidak cepat panas. Kebiasaan mengaktifkan Wi-Fi pada saat tidak menggunakan internet akan membuat ponsel terus mencari jaringan secara otomatis walaupun kalian berada di kawasan tanpa Wi-Fi.

👉 Baca Juga :  Cara Stabilkan Jaringan Internet Telkomsel di Android

Lepaskan Casing Ponsel/HP

Jika ponsel Kalian sudah terlanjur panas, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan melepaskan casing HP dan letakan di keramik. Hal ini akan memungkinkan ventilasi menjalankan fungsinya secara optimal untuk menurunkan suhu yang ada di ponsel kalian.

Penutup

Demiki ulasan mengenai penyebab dan solusi ponsel dan gadget cepat panas atau overheating, cara ini bisa kalian lakukan untuk menjaga kualias dan performa ponsel kalian menjadi lebih baik dan bisa digunakan secara normal.