Ponsel Anda Menjadi Lemot

Perhatikan Hal Ini, Jika Tidak Ingin Ponsel Anda Menjadi Lemot

Ponsel Anda Menjadi Lemot – Perkembangan dunia digital semakin merambah luas di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Masyarakat yang dulunya awan tentang dunia digital, sekarang sudah dituntut untuk bisa memahami dan mengoperasikan digital.

Tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang membeli produk-produk digital untuk keperluannya, sehingga banyak pabrik digital khususnya untuk produk HP di Indonesia meluncurkan beberapa varian jenis HP dengan berbagai kelebihannya.

Ponsel Anda Menjadi Lemot Sering Nge-Lag Cari Tau Penyebabnya

Namun, tak sedikit juga dari penggunannya mengabaikan kesehatan HP yang telah dimilikinya, sehingga menyebabkan hambatan pada software HP nya, bahkan sampai ada kerusakan pada sitem prosesor di HP nya.

Contoh kecil yang sering kita lihat adalah hambatan pada HP yang semakin lambat dalam bekerja, hal ini disebebkan dengan adanya pemakaian yang tak wajar.

Maka sudah seharusnya bagi kalian yang memiliki HP harus memperhatikan kapasitas HP yang kalian miliki. Berikut kami sediakan beberapa penyebab HP semakin Lambat dan Ngelag.

Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah Hindari Penginstalan yang berlebihan walaupun hp atau smartphone kalian memiliki memori internal dan eksternal yang besar, bukan berarti kamu dapat dengan bebas menginstall banyak aplikasi.

Dengan banyaknya aplikasi yang terinstall, maka semakin hp atau smartphone kalian akan semakin lambat dalam bekerja. Hal tersebut, tidak hanya memberatkan RAM HP tetapi juga memberatkan memori hp atau smartphone kalian sendiri

Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan/Running

Kemudian hal selanjutnya yang perlu kalian perhatikan yaitu mengenai pengoperasian aplikasi pada Hp kalian.

Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka akan membyuat RAM hp atau smartphone kalian semakin penuh, maka hasilnya hp atau smartphone kalian akan sering mengalami Lag karena RAM tidak dapat menampung ruang over kapasitas.

👉 Baca Juga :  Cara Menghemat Kuota Internet WhatsApp Android & iPhone

Kapasitas Ruang Memori RAM Penuh

Kenapa Ponsel Anda Menjadi Lemot dan  apa penyebabnya ? yang pertama aialah penuhnya memori RAM adalah banyaknya aplikasi yang dibuka atau aplikasi yang dijalankan di belakang layar hp atau smartphone kalian, walaupun status aplikasi tersebut tidak digunakan.

Maka solusinya kalian bisa menghapus terlebih dahulu di bar hp kalian untuk kemaksimalan kinerja hp kalian.

Penumpukan Cache yang Berlebihan

Setiap HP pasti mempunyai cache atau yang biasa kita sebut adalah file sampah. File sampah atau Cache akan ada karena file ini muncul dan menumpuk saat kamu membuka dan menjalankan aplikasi tertentu yang ada di hp kalian.

Maka dengan menghapus Cache atau file sampah tersebut akan mengurangi beban kinerja pada ponsel kalian dan jangan dibiarkan menumpuk pada memori internal.

Sistem HP Terkena Virus

Sistem hp android ataupun aplikasi yang terserang virus akan membuat peforma hp atau smarthone menjadi buruk. Biasanya munculnya virus pada system ponsel, disebabkan oleh penginstalan aplikasi yang tidak direkomendasikan oleh system bawaan ponsel, atau dengan pengaksesan site yang terlarang.

Tentunya hal ini akan sangat berimbas pada performa kinerja ponsel. Dengan ini saya sarankan untuk tidak menginstal aplikasi yang illegal.

Root yang Kurang Sempurna

Root yang gagal ditengah jalan atau kurang sempurna akan menyebabkan sistem android sering  mengalami kendala error pada system hp dan mengakibatkan hp  nge-lag, terkadang juga dapat mati total.

Solusinya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menginstall OS android yang baru atau jika masih bisa hidup lakukan factory riset.

Penggunaan Wallpaper/Tema Animasi

Tak banyak yang mengetahui Dibalik tema yang lucu, keren dan unik ternyata tema sangat membutuhkan memori RAM yang cukup besar dan apabila penggunaan tema tersebut tidak diimbangi dengan penggunaan aplikasi lain maka android kamu akan serasa sangat berat.

👉 Baca Juga :  6 Penyebabnya Ponsel Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Maka kalian tidak perlu rempong dengan wallpaper atau tema yang berupa animasi karena itu bisa menyebabkan hp semakin nge-lag dan performanya akan memburuk jika  terus dibiarkan berjalan.

Penutup

Itulah beberapa ulasan mengenai sebab HP atau Smartphone semakin nge-lag. Bagi kalian yang tidak ingin HP nya nge-lag, kalian bisa menghindari ulasan di atas untuk peforma hp yang lebih baik.